Rizki Rohmatin Cahyaning DH, 17205153224 (2019) PENGARUH METODE PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI BOBANG 1 SEMEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER baru.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pemberian Hadiah (Reward) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Bobang 1 Semen Kediri Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Rizki Rohmatin Cahyaning DH, NIM 17205153224, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Metode Reward, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi metode dalam pembelajaran matematika yang berdampak pada menurunnya keaktifan siswa sehingga hasil belajar tidak memuaskan. Metode ceramah yang sering digunakan dalam pembelajaran cenderung mengakibatkan kelas menjadi pasif. Untuk mengatasi masalah yang berkelanjutan maka perlu diterapkan metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Para guru harus menyusun dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tertarik dan semangat dalam belajar matematika. Metode pembelajaran saat ini sangatlah beragam, salah satunya yaitu metode pemberian reward. Dengan menggunakan metode pemberian hadiah (reward ) kepada siswa dalam proses pembelajaran dengan strategi yang tepat dapat membuat siswa lebih aktif dalam menerima materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan belajar pada pelajaran matematika di SD Negeri Bobang 1 Semen, Kediri? (2) Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di SD Negeri Bobang 1 Semen, Kediri? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan belajar belajar pada pelajaran matematika di SD Negeri Bobang 1 Semen, Kediri (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di SD Negeri Bobang 1 Semen, Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design atau disebut juga eksperimen semu yang menguji variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bobang 1 Semen kelas IV dengan populasi sebanyak 318. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kelas kontrol (IV-A) sebanyak 24 siswa dan kelas eksperimen (IV-B) sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh metode pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV di SD Negeri Bobang 1 Semen dibuktikan dengan Uji Independent Samples Test didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.044 < 0,05. (2) Ada pengaruh metode pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Bobang 1 Semen dibuktikan dengan Uji Independent Samples Test didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153224 RIZKI ROHMATIN CAHYANING DH |
Date Deposited: | 16 May 2019 08:05 |
Last Modified: | 16 May 2019 08:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11441 |
Actions (login required)
View Item |