PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SITI KHOLIFAH, 17201153295 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dalam Mata Pelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Kholifah, NIM 17201153295. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Nursamsu, M.Pd., NIP. 197802042009011003 Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan mengajar seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Hal ini disebabkan karena banyaknya guru yang tidak mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, hanya saja melaksanakan apa yang menjadi kemampuan yang dimilikinya saat ini. Begitu juga pada guru PAI yang masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif. Sedangkan di luar institusi mengharapkan lulusan yang berkompetitif, terampil, dan memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Sehingga kurang efektifnya pembelajaran PAI memengaruhi prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh keterampilan mengajar aspek mengelola kelas (X1) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh keterampilan mengajar aspek menjelaskan (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh keterampilan mengajar aspek mengadakan variasi (X3) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar aspek mengelola kelas (X1) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar aspek menjelaskan (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar aspek mengadakan variasi (X3) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah peserta didik kelas VII, VIII, dan IX di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung, yang berjumlah 873 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 131 peserta didik. Sumber data berasal dari responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana (signifikansi uji t dan signifikansi uji F) dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian hipotesis pertama dari hasil uji t dan F dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (Ha) pertama diterima. Pengujian hipotesis pertama dilakukan dengan cara membandingkan nilai signifikansi t dengan nilai probabilitas α yaitu 0,05. Nilai siginifikansi untuk variabel keterampilan mengajar guru pada aspek mengelola kelas adalah 0,027 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas α yaitu 0,05 (0,027 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru pada aspek mengelola kelas terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Adapun pengaruhnya ialah jika seorang guru mengelola kelas dengan baik agar pembelajaran kondusif, nyaman, dan menyenagkan akan berimplikasi pada kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian prestasi belajar akan tercapai sesuai cara guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran. Hasil penelitian hipotesis kedua dari hasil uji t dan F dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (Ha) kedua diterima. Pengujian hipotesis kedua dilakukan dengan cara membandingkan nilai signifikansi t dengan nilai probabilitas α yaitu 0,05. Nilai siginifikansi untuk variabel keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan adalah 0,026 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas α yaitu 0,05 (0,026 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Adapun pengaruhnya ialah ketika seorang guru memiliki kemampuan dalam menjelaskan seperti halnya penyampaian pelajaran sangat mudah dipahami ataupun sesuai dengan realita yang ada maka akan berimplikasi pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik. Sehingga prestasi belajar peserta didik akan terbentuk sesuai dengan cara guru menjelaskan pelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian hipotesis ketiga dari hasil uji t dan F dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (Ha) ketiga diterima. Pengujian hipotesis ketiga dilakukan dengan cara membandingkan nilai signifikansi t dengan nilai probabilitas α yaitu 0,05. Nilai siginifikansi untuk variabel keterampilan mengajar guru pada aspek mengadakan variasi adalah 0,011 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas α yaitu 0,05 (0,011 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru pada aspek mengadakan variasi terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Adapun pengaruhnya ialah pemberian variasi dari media yang digunakan dalam menyampaikan pelajaran akan berimplikasi pada pola pemikiran peserta didik. Peserta didik yang melakukan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, serta menyenangkan yang dimana hal itu akan memberikan motivasi tersendiri dalam membangun pengetahuannya yang baru. Dengan hal ini prestasi belajar peserta didik akan terbentuk sesuai cara guru dalam mengadakan variasi ketika kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 17201153295 SITI KHOLIFAH
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:43
Last Modified: 18 Jun 2019 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item