ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KOMUNIKATIF DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

Rini Nur Azizah, 17210153004 (2019) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KOMUNIKATIF DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa dalam Pembiasaan Karakter Komunikatif di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rini Nur Azizah dengan dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kesantunan berbahasa, Pembiasaan, Karakter komunikatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena ujaran kebencian yang muncul dalam kehidupan. Seiring dengan hal ini, generasi penerus bangsa (siswa) tidak boleh terpengaruh untuk mengikutinya. Untuk itu diperlukan bimbingan dan arahan dari pihak-pihak terkait terutama guru agar dapat membiasakan siswa untuk berbahasa secara santun. Melalui pembiasaan yang dilakukan sedikit demi sedikit pasti akan ada perubahan pada cara berbahasa siswa. Perubahan berbahasa tersebut tentu juga akan diiringi perubahan tingkah laku. Untuk itu peneliti menganalisis kondisi kesantunan berbahasa Indonesia siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana aplikasi pematuhan kesantunan berbahasa Indonesia siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar?; (2) Bagaimana aplikasi pelanggaran kesantunan berbahasa Indonesia siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar?; dan (3) Bagaimana strategi pembiasaan karakter komunikatif siswa melalui pembelajaran kesantunan berbahasa Indonesia di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan aplikasi pematuhan kesantunan berbahasa Indonesia siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar; (2) Mendeskripsikan aplikasi pelanggaran kesantunan berbahasa siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar; dan (3) Mendeskripsikan strategi pembiasaan karakter komunikatif siswa melalui pembelajaran kesantunan berbahasa siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kondisi tutur siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk memperoleh strategi guru dalam menerapkan pembiasaan kesantunan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesantunan berbahasa di MTs Darul Huda masih rendah. Hal ini diketahui dari jumlah maksim pematuhan kesantunan berbahasa yang berjumlah tiga maksim, yakni maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, dan maksim kesimpatian. Adapun pelanggaran yang dilakukan terdapat lima maksim yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatian. Adapun strategi yang diterapkan oleh guru yakni menggunakan teknik teguran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153004 RINI NUR AZIZAH
Date Deposited: 27 May 2019 02:28
Last Modified: 27 May 2019 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item