PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI SHOLAT BERJAMAAH DI SMK WAHID HASYIM TRENGGALEK

IMAM MUTTAQIN, 17201153485 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI SHOLAT BERJAMAAH DI SMK WAHID HASYIM TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SMK Wahid Hasyim Trenggalek sebagai lembaga formal yang latar belakangnya sekolah swasta berbasis Islam. Di sekolah ini yang mana berbasis Islam tidak lupa diadakannya suatu program yaitu setiap pagi sebelum masuk kelas diadakan sholat dhuha berjamaah dan juga dilaksanakannya sholat dhuhur berjamaah pada siang hari. Dengan adanya program tersebut ada dua manfaat yang dapat diambil oleh siswanya yaitu, pertama siswa dapat meningkatkan nilai religius dalam bentuk sholat berjamaah dan yang kedua adalah meningkatkan kedisiplinan siswa. Meskipun berbasis Islam dan juga adanya program tersebut ada aja siswa yang masih membolos atau kurang kesadarannya akan pentingnya sholat dalam meningkatkan nilai religius. Dengan ini peranan guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai religius. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat berjamaah di SMK Wahid Hasyim Trenggalek? (2) Apa hambatan guru PAI dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat berjamaah di SMK Wahid Hasyim Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat berjamaah di SMK Wahid Hasyim Trenggalek (2) Untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat berjamaah di SMK Wahid Hasyim Trenggalek. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMK Wahid Hasyim Trenggalek. Pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi meliputi kegiatan guru dalam meningkatkan nilai religius siswa, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan ibadah shalat berjamaah. Wawancara dengan informan Kepala Sekolah, Guru, Siswa. Dokumentasi berupa foto kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah dan arsip dokumen sekolah. selanjutnya, data-data tersebut di analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Educator dalam meningkatkan nilai religius siswa melalui sholat berjamaah di SMK Wahid Hasyim Trenggalek adalah Mendidik dan mengajarkan akan pentingnya sholat berjamaah, mengarahkan siswa bagaimana sholat berjamaah itu dilakukan dengan baik dan benar, mengajarkan bacaan praktek sholat supaya sholatnya semakin baik dan benar, Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Teladan adalah selalu berusaha membimbing siswanya untuk melaksanakan sholat, mengingatkan jika ada salah dalam pelaksanaanya, selalu berusaha memberikan contoh yang baik agar para siswa memberikan feedback yang baik pula, memberikan contoh nyata pada saat kegiatan seperti apabila disuruh sholat, guru terlebih dahulu mencontohkannya, guru selalu tepat waktu dalam pelaksanaan sholat, guru selalu ikut dalam setiap kegiatan siswa, Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator adalah, siswa diberi materi setelah sholat berjamaah dilakukan, memberikan dorongan kepada para siswa untuk melaksanakan sholat berjamaah, menggerakan siswa untuk sholat berjamaah, memperkuat keteguhan siswa untuk menjalankan sholat berjamaah sehingga berjalan dengan lancar. (2) Hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai religius siswa di SMK Wahid Hasyim Trenggalek yaitu terdapat sebagian siswa yang belum sadar akan pentingnya sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153485 Imam Muttaqin
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:50
Last Modified: 31 Mar 2020 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item