AFRIDA NUR’AINI, 17205153129 (2019) KORELASI PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Afrida Nur’Aini, NIM 17205153129. FTIK. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Nurul Hidayah, M.Ag Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar. Keluarga merupakan lembaga sosial paling kecil dan tempat manusia berinteraksi untuk pertama kali sebagai makhluk sosial. Dalam lingkungan keluarga, peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter, kecerdasan anak, penanaman nilai, norma, dan budaya yang ada dalam masyarakat. Keluarga juga merupakan pusat pendidikan yang utama dan pertama bagi seorang anak sebelum memperoleh pendidikan formal disekolah. Oleh karena itu, pendidikan bukan hanya menjadi tugas guru dan sekolah saja tetapi juga tugas bagi orang tua. Rumusan masalahnya adalah: 1. Adakah korelasi signifikan perhatian orang tua pada pemenuhan kebutuhan anak terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019? 2. Adakah korelasi signifikan perhatian orang tua pada pemenuhan fasilitas belajar anak terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019? 3. Adakah korelasi signifikan perhatian orang tua pada pemberian motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019? Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui korelasi perhatian orang tua pada pemenuhan kebutuhan anak terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019. 2. Untuk mengetahui korelasi perhatian orang tua pada pemenuhan fasilitas belajar anak terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019. 3. Untuk mengetahui korelasi perhatian orang tua pada pemberian motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim Bakung Blitar Tahun Ajaran 2018/ 2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A dan IV-B. Metode pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji prasyarat, uji asumsi dasar dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pentingnya perhatian orang tua dalam proses belajar. Hasil perhitungganya yaitu untuk pemenuhan kebutuhan anak thitung = 2,347 > ttabel = 2,010, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemenuhan kebutuhan anak dengan prestasi belajar. Untuk pemenuhan fasilitas belajar anak thitung = 2,050 > ttabel = 2,010, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemenuhan fasilitas belajar dengan prestasi belajar, dan untuk pemberian motivasi belajar anak thitung = 2, 212 > ttabel = 2,010, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian motivasi belajar dengan prestasi belajar. xiv Perhatian orang tua ini sangat penting bagi anak dalam kegiatan belajarnya. Dalam lingkungan keluarga, perhatian orang tua dalam belajar anak sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak tersebut. Perhatian orang tua memberikan dampak yang baik bagi anak seperti meningkatkan semangat dan motivasi belajar bagi anak. Perhatian dan bimbingan orang tua dirumah akan mempengaruhi kesiapan belajar siswa, baik belajar dirumah maupun disekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153129 AFRIDA NUR’AINI |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 03:05 |
Last Modified: | 20 Jun 2019 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11592 |
Actions (login required)
View Item |