RESTI FAUZIAH, 17204153107 (2019) SCAFFOLDING PADA PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BENTUK ALJABAR ALJABAR DI KELAS VII-A MTS AL-MA'RIFAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER NEW.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (120kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Scaffolding pada Pemecahan Masalah Soal Cerita Bentuk Aljabar di Kelas VII-A Mts Al-Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” yang ditulis oleh Resti Fauziah, NIM. 17204153107. pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Scaffolding, Pemecahan Masalah, Soal Cerita Bentuk Aljabar, Analisis Kesalahan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu pemahaman konsep siswa kurang khususnya dalam pemahaman konsep tertang operasi penjumlahan dan perkalian yang sering tertukar, prosedur pengerjaan masih rancu, kesadaran akan pentingnya belajar juga kurang sehingga dalam pengerjaannya pemecahan masalah masih sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti menerapkan scaffolding untuk mengurangi bahkan menghilangkan permasalahan sehingga dalam pengerjaan pada pemecahan masalah dapat ditingkatkan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan siswa pada pemecahan masalah pada soal cerita bentuk aljabar kelas VII-A di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? 2) Untuk mendeskripsikan scaffolding pada pemecahan masalah pada soal cerita bentuk aljabar kelas VII-A di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang diambil adalah kelas VII-A yang merupakan kelas khusus hafidz-hafidhoh. Dalam penelitian deskripti ada beberapa tahapan yaitu: 1) Diawali dengan adanya masalah, 2) Menentukan jenis informasi yang diperlukan, 3) Menentukan prosedur pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan, 4) Pengolahan informasi atau data, 5) Menarik kesimpulan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) Kesalahanpadapemecahanmasalahsoalceritabentukaljabarsiswakelas VII-A di MTs Al- Ma’ArifTulungagungadalahsebagaiberikut: a) Bahan ajar yang dipakaisiswakurangmemuat/membahasmengenaisoalceritabentukaljabar, b) memahamimasalah, c) membuatrencana, d) melaksanakanrencana, dan e) melihatkembali. 2) Scaffolding padapemecahanmasalahsoalceritabentukaljabarsiswakelas VII-A di MTs Al-Ma’ArifTulungagungmenggunakanhirearkiAnghileri. a) Scaffolding yang digunakanuntukmengatasikesalahandalammemahamimasalahadalahexplaining, reviewing, danrestructuring.b) Scaffolding yang digunakanuntukmengatasikesalahandalammembuatrencanaadalahexplainingdan reviewingc) Scaffolding yang digunakanuntukmengatasikesalahandalammelaksanakanrencanaadalahrestructuring dandeveloping conceptual thinking. d) Scaffolding yang digunakanuntukmengatasikesalahandalammelihatkembaliadalahreviewing dandeveloping conceptual thinkingAkan tetapi, proses pemberianscaffolding disesuaikandengantingkatkesalahansiswa, pemahamansiswadankemampuanmatematikanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2020 02:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11599 |
Available Versions of this Item
- SCAFFOLDING PADA PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BENTUK ALJABAR ALJABAR DI KELAS VII-A MTS AL-MA'RIFAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. (deposited 25 Mar 2020 02:04) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |