YAYI ROMAITA, 17205153104 (2019) PENGARUH METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yayi Romaita, 17205153104, Pengaruh Metode An-Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Motivasi, Kemampuan Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi membaca Al Quran siswa dan kemampuan membaca Al-Quran yang belum mampu membaca Al-Quran dengan tepat sesuai dengan tajwid. Dalam penelitian ini peneliti akan melihat pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca AlQuran siswa di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh motode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (2)Adakah pengaruh motode An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (3) Adakah Pengaruh Metode An-Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen semu. Teknik menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Dengan pengambilan sampel menggunakan purpose sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V A dan VC yang berjumlah 48 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 25 pertanyaan dan tes dengan jumlah item 10 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan bantuan SPSS 18.0. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,005. Nilai Sig.< 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar , (2) Hasil uji manova post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001 . 0,001 < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada Pengaruh Metode An Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini metode An-Nahdliyah pengaruh terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Quran siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153104 YAYI ROMAITA |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 04:28 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11619 |
Actions (login required)
View Item |