KHULUD SOFIA YULIANA, 17207153003 (2019) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS INPUT DAN OUTPUT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (439kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (422kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khulud Sofia Yuliana, NIM: 17207153003. 2019. “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Input dan Output di MAN 1 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kualitas Input dan Output Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemikiran, tingkat kedewasaan, dan perilaku manusia. Pendidikan mengubah pola pikir manusia agar menjadi lebih baik, oleh karena itu setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan berusaha memberikan layanan pendidikan yang baik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan prestasi peserta didik. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi, kemajuan belajar, bakat dan kemampuan peserta didik serta pembinaan dalam rangka untuk meningkatkan daya pikir peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam hal ini, penulis mengambil salah satu lembaga pendidikan yakni MAN 1 Blitar sebagai objek penelitian. Sekolah ini memiliki karakteristik manajemen kesiswaan yang berbeda dari sekolah lain. Yang menjadi perbedaan adalah ciri khas sekolah ini mengedepankan pendidikan karakter akhlaqul karimah. Selain itu, dua tahun terakhir ini Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar merupakan sekolah pertama tingkat madrasah yang menggunakan ujian dengan sistem CBT (Computer Based Test). Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas input dan output di MAN 1 Blitar, (2) pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas input dan output di MAN 1 Blitar. (3) Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas input dan output di MAN 1 Blitar. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskripstif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) perencanaan penerimaan peserta didik baru terdiri dari (a) sistem perencanaan penerimaan, pembentukan kepanitiaan, menentukan daya tampung peserta didik berdasarkan dari ketentuan Kementerian Agama dan dilihat dari daya tampung madrasah juga, (b) sistem penerimaan peserta didik dengan sistem promosi Roadshow ke sekolah-sekolah tingkat SMP/MTs sederajat, melalui sosialisasi bersama guru bimbingan konseling SMP/MTs se-Blitar Raya, seleksi ada dua jalur yaitu jalur prestasi dan jalur reguler, (c) kriteria penerimaan peserta didik baru dilihat berdasarkan umur, pendidikan, nilai minimal, nilai seleksi dan daya tampung, (d) prosedur penerimaan peserta didik baru melalui pembentukan kepanitiaan berasal dari unsur guru dan karyawan yang dibantu oleh Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Humas, dan Waka Sarana dan Prasarana, pembentukan panitia sudah ditentukan di dalam Rencana Kerja Tahunan atau buku Program Kerja MAN 1 Blitar selama satu tahun, pengumuman pendaftaran PPDB melalui banner, brosur, dan website madrasah, hasil pengumuman penerimaan peserta didik di umumkan di papan pengumuman dan website, lalu pendaftaran ulang. (2) pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas input dan output di MAN 1 Blitar, terdiri dari (a) pembinaan kedisiplinan peserta didik dengan adanya buku tata tertib siswa, kartu kendali shalat, skor pelanggaran tata tertib menggunakan sistem poin, (b) pembinaan akademik meliputi pengajaran menerapkan kurikulum K- 13 dengan sistem SKS, kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar, istighasah dan ziarah wali bersama, bagi yang tidak tuntas mata pelajaran diberikan remedial dan tidak boleh memprogram atau mencari tambahan mata pelajaran di semester berikutnya, (c) pembinaan non akademik meliputi dua yakni pembiasaan diri dan pengembangan diri atau ekstrakurikuler, (3) Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas input dan output di MAN 1 Blitar terdiri dari (a) evaluasi peserta didik melalui monitoring dan supervisi, (b) untuk evaluasi kemajuan belajar peserta didik melalui ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester, (c) evaluasi peserta didik dilaksanakan pada saat selesai pelaksanaan pengambilan rapot kenaikan kelas, dan setelah hasil Ujian Nasional keluar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153003 KHULUD SOFIA YULIANA |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 07:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11620 |
Actions (login required)
View Item |