ANITA RAHAYU KUSUMANING PUTRI, 17205153157 (2019) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Penanaman Budaya Religius Pada Peserta Didik MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Anita Rahayu Kusumaning Putri, NIM. 17205153157, pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Strategi Guru, Budaya Religius Konteks penelitian ini adalah sebuah fakta mengenai tingkat kesadaran peserta didik dalam beragama masih kurang. Karena pserta didik dalam memahami agama Islam hanya mampu pada ranah kognitif saja. Peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut dengan penanaman nilai nilai agama Islam secara menyeluruh, misalnya melalui budaya religius di suatu lembaga pendidikan. Budaya ini nantinya menjadi kebiasaan dan secara tidak langsung akan tertanam dalam diri peserta didik. Maka dari itu peneliti mengambil tema strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan bentuk strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik MIN 4 Tulungagung, 2) Mendeskripsikan alasan memilih menggunakan strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik MIN 4 Tulungagung, 3) Mendeskripsikan proses menerapkan strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik MIN 4 Tulungagung, 4) Mendeskripsikan hambatan strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, sumber data didapat melalui tiga unsur yaitu orang, tempat, dan dokumen, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan . analisis data menggunakan teknik analisis alir yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu kredibibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk strategi guru dalam penanaman budaya religius pada peserta didik adalah melalui pembiasan yang dilakukan sebelum memulai pelajaran yaitu membaca asmaul husna, murajaah, yasin dan tahlil, shalat duha, dan shalat dzuhur berjamaah, 2) Alasan memilih menggunakan strategi penanaman budaya religius tersebut adalah membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah, mencintai Allah dan al Quran, dan terbiasa berdzikir, 3) Proses penanaman budaya religius pada peserta didik meliputi guru piket menyambut kedatangan peserta didik di gerbang madrasah dan berjabat tangan. Peserta didik yang bertugas memimpin pembiasaan menempati posisi sesuai jadwal, seluruh guru membaur dengan peserta didik. Pembiasaan selesai peserta didik masuk ke kelas masing-masing dengan mencium tangan guru yang berbaris di depan mereka, 4) Hambatan proses penanaman budaya religius pada peserta didik meliputi keterlambatan guru petugas pembiasaan dan peserta didik yang dapat memecah konsentrasi peserta didik lainnya, petugas yang memimpin pembiasaan tersebut ada yang tidak masuk, dan terkadang lupa lafadz atau ada yang tertinggal ayatnya, peserta didik kelas 1 belum hafal asmaul husna ataupun dan pengkondisian lapangan kurang maksimal karena lokasi pembiasaan yang sempit.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153157 ANITA RAHAYU KUSUMANING PUTRI |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 01:56 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11638 |
Actions (login required)
View Item |