PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG

SOFIA DWI ANGGRAENI, 17205153155 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap interaksi teman sebaya dan kedisiplinan belajar siswa di MI Roudlotul Uqul Doroampel sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sofia Dwi Anggraeni, NIM. 17205153155, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: kompetensi kepribadian, teman sebaya, kedisiplinan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena Guru dalam proses pembelajaran berperan menciptakan serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu, serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan peserta didik dan Manusia adalah makhluk sosial yang dituntut untuk melakukan hubungan sosial antar sesamanya disamping tuntutan hidup berkelompok Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2018/2019? (2) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap interaksi teman sebaya di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif lokasi penelitiannya di MI Roudlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling dengan pengambilan populasi berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan analisis t test. Hasil penelitian mengungkapkan disimpulkan sebagai berikut : (1) ) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap interaksi teman siswa di MI Roudlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung, didapat nilai thitung adalah 4.235 dan diketahui nilai ttabel 2,048 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hi ditolak dan Ha1 diterima, menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar”. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan belajar siswa di MI Roudlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung, didapat nilai thitung adalah 2.983 dan diketahui nilai ttabel 2,048 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,005 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hi ditolak dan Ha2 diterima, menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan kepribadian guru terhadap kedisiplinan belajar siswa”

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153155 SOFIA DWI ANGGRAENI
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:12
Last Modified: 26 Jun 2019 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item