IMPLEMENTASI ANDRAGOGI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN PENDIDIK AL-QUR’AN (LPPQ) METODE THORIQOTY KOTA BLITAR)

SALISATUR ROSIKHOH, 17201153070 (2019) IMPLEMENTASI ANDRAGOGI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN PENDIDIK AL-QUR’AN (LPPQ) METODE THORIQOTY KOTA BLITAR). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (901kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘‘Implementasi Andragogi pada Pembelajaran Al Qur’an (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Pendidik Al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Kota Blitar)’’ ini ditulis oleh Salisatur Rosikhoh, NIM. 1721153070, pembimbing: Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Andragogi, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena belum banyaknya pendidikan al-Qur’an yang dikhususkan bagi usia dewasa. Padahal kenyataannya masih banyak ditemui orang dewasa yang belum mumpuni dalam membaca al-Qur’an bahkan ada yang belum bisa sama sekali. Dalam hal ini peneliti menemukan sebuah lembaga pendidikan al-Qur’an yang khusus menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an bagi usia dewasa. Maka, temuan awal tersebut menghantarkan pada penelitian tentang implementasi andragogi pada pembelajaran al-Qur’an di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahui tahap-tahap pembelajaran al-Qur’an dengan menerapkan andragogi di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar; (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran al-Qur’an dengan menerapkan andragogi di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar; (3) Untuk mengetahui hasil belajar al-Qur’an dengan menerapkan andragogi di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian diantaranya: (1) tahap-tahap andragogi pada pembelajaran al-Qur’an di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar adalah adanya perencanaan yang sudah tersusun sebagaimana tertuang dalam silabus dan buku Thoriqoty (memuat arah belajar dan rancangan pola pengalaman belajar al-Qur’an berikut pengelolaannya), placement-test sebagai upaya diagnosis kebutuhan belajar peserta didik di awal masuk, pengkondisikan suasana belajar melalui kesiapan fisik dan psikologis, penyempurnaan pengelolaan pengalaman belajar al-Qur’an berdasarkan temuan di lapangan, serta evaluasi disertai proses diagnosa ulang kebutuhan belajar al-Qur’an dengan menganalisis hasil tes dan pengamatan selama proses pembelajaran; (2) proses pembelajaran al-Qur’an dengan menerapkan andragogi di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar diketahui bahwa pendidik menempatkan diri sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, pengelolaan kelas dilaksanakan dalam bentuk klasikal baca simak dan individual, pemberian motivasi dan penguatan menekankan pada penyadaran akan manfaat praktis dari materi yang dipelajari, penyampaian materi diterapkan sesuai panduan buku Thoriqoty dan dipadukan dengan kreatifitas pendidik, peserta didik mendapat kesempatan lebih banyak untuk melakukan sendiri keterampilan membaca al-Qur’an, diskusi atau tanya-jawab lebih banyak menyoal pengetahuan praktis dan erat dengan kehidupan sehari-hari, serta terdapat pemantauan proses interaksi belajar gabungan antara pendidik dan peserta didik di kelas juga pemantauan mandiri oleh peserta didik di luar kelas melalui Buku Kontrol Pembelajaran Al-Qur’an; (3) hasil belajar alQur’an dengan menerapkan andragogi di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar disimpulkan bahwa terdapat target hasil belajar dengan penekanan pada kemampuan peserta didik, hasil belajar al-Qur’an meliputi pemahaman tentang bacaan al-Qur’an yang baik dan benar (aspek kognitif), semangat untuk terus belajar al-Qur’an dan mengajarkan kepada orang lain (aspek afektif) dan adanya progres keterampilan membaca al-Qur’an (aspek psikomotorik), hasil belajar didapat dari evaluasi baik itu maju satu-satu atau dua-dua atau tiga-tiga (evaluasi perorangan), pelaksanaan kelas tambahan (evaluasi berkelompok) maupun catatan pendidik selama membimbing belajar al-Qur’an di kelas mulai awal masuk hingga capaian tertentu (evaluasi lapangan), serta terdapat tindak lanjut bagi peserta didik yang belum mencapai target belajar al-Qur’an melalui pengadaan kelas tambahan dan pembelajaran intens. Dengan demikian, pembelajaran al-Qur’an di LPPQ Metode Thoriqoty Kota Blitar diimplementasikan dengan andragogi disertai penyesuaian kebutuhan dan keadaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153070 Salisatur Rosikhoh
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:48
Last Modified: 01 Jul 2019 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item