MARATUS SHOLIHAH, 17205153098 (2019) STRATEGI GURU MENGATASI DAMPAK NEGATIF HANDPHONE DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (244kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maratus Sholihah, Nim. 17205153098. Skripsi dengan judul “Strategi Guru Mengatasi Dampak Negatif Handphone di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”,Skripsi jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Mengatasi Dampak Negatif Handphone Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan teknologi handphone yang berkembang sangat pesat. Oleh karena itu perkembangan tersebut juga dapat kita lihat dalam kehidupan anak-anak yang sering waktunya di habiskan untuk menggunakan handphone. Hal ini perlu dilakukan karena adanya ilmu pengetahuan teknologi yang kadang di salah gunakan. Misalnya: dengan adanya handphone anak-anak sering bermain game, dan internetan, seperti kegiatan anak anak yang berada disekolah menggunakan handphone yang digunakan untuk bermain game dan internetan dan pada hari bebas anak-anak sering membawa handphone kesekolah. Disinilah perlunya strategi guru untuk mengatasi dampak negatif handphone. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana pelaksanaan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana hambatan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place, dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam menganalisi datanya menggunakan tehnik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan (1) perencanaan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung melalui (a) Konsultasi dengan berbagai pihak yang ada disekolah maupun luar sekolah tentang menganani masalah siswa (b) Konferensi kasus atau seperti dengan rapat satu bulan sekali (c) Memotivasi siswa setiap hari setelah jam pelajaran untuk mengarahkan siswa agar berhati-hati dalam menggunakan handphone. (2) pelaksanaan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung melalui (a) mengisi angket selama satu bulan sekali berkaitan dengan dampak negatif handphone karena dengan mengisi angket melatih kejujuran siswa, (b) Diadakan les komputer setiap satu minggu sekali, agar peserta didik lebih paham dengan tegnologi. (c) Kegiatan ritual keagamaaan seperti mengaji, istighosah, sholat dhuha dan sebagainya. (d) Pemberian tanggung jawab seperti tugas atau PR lebih banyak, agar waktu yang di gunakan bermain handphone semakin sedikit. (e) Mengadakan kerjasama antara semua guru madrasah dan menjalin komunikasi yang intensif antara guru, orangtua, dan peserta didik untuk melakukan pengawasan.(3) hambatan guru mengatasi dampak negatif handphone di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu (a) Terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah. (b) Kurangnya kesadaran siswa, akan dampak negatif handphone. (c) Belum adanya guru BK khusus untuk menangani masalah peserta didik.(d) Pengaruh lingkungan masyarakat dan tayangan televisi yang berada disekitar peserta didik.(e) Memantau dari handphone lewat whatshapp setelah magrip sampai pukul 20.00 malam oleh guru kelas. (f) Diam-diam ada yang membawa handphone kesekolah pada hari bebas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153098 MARATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 01:39 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 01:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11661 |
Actions (login required)
View Item |