LAILI NUR’AZIZAH, 17205153071 (2019) PELAKSANAAN PROGRAM MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA BACEM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Laili Nur’azizah, NIM. 17205153071, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah, Baca Tulis Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyelenggaraan program madrasah diniyah di lembaga pendidikan formal yang dirasakan sangat membantu dalam memberikan pendidikan agama khususnya al-Qur’an, di mana program tersebut telah mengakibatkan terjadinya perubahan pada pengetahuan anak dalam bidang baca tulis al-Qur’an. Ketika dilaksanakan kegiatan madrasah diniyah ini, terjadi peningkatan pada siswa dalam hal baca tulis al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman ilmu tajwid dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman tartil al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar? (3) Bagaimana pelaksanaan program madrasah diniyah pada hafalan Juz Amma dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar? Adapun yamg menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman ilmu tajwid dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman tartil al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program madrasah diniyah pada hafalan Juz Amma dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar sebagai bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan untuk upaya meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa melalui program madrasah diniyah, bagi kepala MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar sebagai referensi sekaligus bahan dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di sekolah, bagi siswa MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar untuk dijadikan pemahaman tentang pentingnya mempelajari cara membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar, bagi peneliti selanjutnya untuk dijadikan informasi serta pijakan awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang suasana kegiatan madrasah diniyah di dalam kelas. Wawancara peneliti gunakan untuk menggali informasi melalui Kepala Madrasah, guru kelas, guru madrasah diniyah, dan juga beberapa siswa. Dokumentasi peneliti gunakan sebagai bukti adanya penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman ilmu tajwid dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar dalam pembelajarannya, guru menggunakan metode Usmani. (2) Pelaksanaan program madrasah diniyah pada pemahaman tartil Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar, pembelajarannya guru menggunakan metode yang bermacam-macam, di kelas IIIA dan kelas IV menggunakan metode individual atau sorogan, sedangkan kelas IIIB dan kelas V pembelajaran dilakukan secara klasikal atau bersama-sama (3) Pelaksanaan program madrasah diniyah pada hafalan Juz Amma dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar, pembelajarannya menggunakan menggunakan metode Jama’.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153071 LAILI NUR’AZIZAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 02:01 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11663 |
Actions (login required)
View Item |