STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SDN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

DINI ANGGRAINI, 17205153089 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SDN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (912kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Multikultural Siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Dini Anggraini, NIM 17205153089, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Kebangsaan, Pendidikan Multikultural Menurunnya perilaku dan sikap kebangsaan khususnya pada anak usia sekolah dasar pada era digital ini dipengaruhi oleh semakin canggihnya teknologi dan menipisnya kesadaran bahkan hilangnya sikap saling menghargai perbedaan yang menyebabkan karakter seseorang menurun. Peneliti ingin menggali mengenai strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung dalam upaya mengatasi dan mengantisipasi menurunnya perilaku kebangsaan melalui pendidikan multikultural pada anak saat ini dan menjadikan anak lebih menghargai agama, suku, dan kebudayaan untuk kehidupan yang akan datang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru menanamkan sikap toleransi dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana strategi guru menanamkan sikap keadilan dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana strategi guru menanamkan sikap gotong royong dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019?. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan sebagian siswa kelas 2 dan 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah guru dan siswa. Data sekunder yaitu jurnal guru, dan catatan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan pengecekan teman sejawat, keteralihan (Transferability), keterkaitan (Dependability), dan uji kepastian atau objektivitas (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menerapkan penanaman nilai-nilai kebangsaan dan multikultural melalui strategi guru. Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan siswa melalui pendidikan multikultural siswa di SDN 1 Boyolangu dapat dilihat dari (1) pelaksanaan strategi guru menanamkan sikap toleransi dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural dilaksanakan pendidik melalui kegiatan keteladanan, kepribadian saling menghargai, religius, mencintai perbedaan, pemberian motivasi-motivasi dan terwujudnya rasa cinta akan tanah air Indonesia. (2) pelaksanaan strategi guru menanamkan sikap keadilan dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural dilaksanakan pendidik melalui kegiatan 5S (senyum, salam, sapa, sopa, santun), kebiasaan jujur, disiplin, adil dan tanggung jawab kepada semua orang. (3) pelaksanaan strategi guru menanamkan sikap gotong royong dalam nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan multikultural dilaksanakan pendidik melalui kegiatan kebersamaan, persatuan, rela berkorban dan saling tolong menolong di sekolah maupun di masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153089 DINI ANGGRAINI
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:37
Last Modified: 25 Jun 2019 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item