IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN SISWA KELAS VI TERHADAP LINGKUNGAN DI MIN KOTA BLITAR

NAILA IMTIYAZ HURIN’IN, 17205153353 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN SISWA KELAS VI TERHADAP LINGKUNGAN DI MIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Adiwiyata Untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Siswa Kelas VI Terhadap Lingkungan Di MIN Kota Blitar” ini ditulis oleh Naila Imtiyaz Hurin’in, NIM. 17205153353. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomana bahwa siswa di MIN Kota Blitar sebelum adanya program Adiwiyata kurang peduli terhadap lingkungan. Namun seiring berjalannya waktu madrasah berhasil memperbaiki kondisi lingkungannya, sehingga masuk dalam madrasah Adiwiyata di Kota Blitar. Walaupun demikian dengan adanya program Adiwiyata tingkat kepedulian terhadap lingkungan di madrasah ini masih perlu ditingkatkan lagi supaya dapat mempengaruhi pengetahuan dan perilaku secara terus menerus serta mendorong aktivitas atau tindakan nyata secara meluas dalam usaha perbaikan MIN Kota Blitar sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota. Dengan demikian penulis tertarik dalam memilih judul “Implementasi Program Adiwiyata Untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Siswa Kelas VI Terhadap Lingkungan Di MIN Kota Blitar”. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan implementasi program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar? (3) Bagaimana evaluasi dari adanya program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar? Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan implementasi program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan implementasi program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar, diantaranya yaitu pertama membentuk tim Adiwiyata. Kedua menyusun Kajian Lingkungan Sekolah. Ketiga Penyusunan Rencana Aksi Lingkungan. Keempat pelaksanaan aksi lingkungan. Kelima yang terakhir evaluasi dan monitoring. (2) Pelaksanaan program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar. Dalam pelaksanaan program Adiwiyata di MIN Kota Blitar mengacu pada dua prinsip yaitu prinsip partisipatif, dimana komunitas madrasah terlibat dalam manajemen madrasah. Dan prinsip berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara keseluruhan. Kegiatan sudah berjalan dengan lancar namun ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program Adiwiyata itu sendiri, diantaranya keterbatasan sarana/fasilitas pendidikan dan waktu. Karena sarana harus seimbang dan mendukung dengan adanya waktu kegiatan yang berlangsung (3) Evaluasi implementasi program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap kepedulian siswa kelas VI terhadap lingkungan di MIN Kota Blitar. Kegiatan evaluasinya dari data pemantauan tim evaluator hal ini yang akan membantu mengidentifikasi apakah mencapai sasaran atau tidak dan apakah sudah efektif atau belum, sarana dan prasarananya sudah memadai belum. Dengan evaluasi itu tim dapat memutuskan apakah perubahan sasaran awal, kegiatan yang diperlukan dan apa yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut kajian lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153353 NAILA IMTIYAZ HURIN’IN
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:09
Last Modified: 28 Jun 2019 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item