ALFIN NURWINDASARI, 17205153105 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Moral Reasoning terhadap Hasil Belajar Kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”.Skripsi ini ditulis oleh Alfin Nurwindasari NIM 17205153105 pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : Metode Moral Reasoning dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Guru biasanya hanya menerapkan metode pembelajaran yang konvensional (ceramah), padahal metode ceramah ini sudah kurang efektif lagi untuk menyampaikan materi kepada siswa karena siswa cenderung bosan jika hanya mendengar guru menyampaikan materi saja. Peran guru disini adalah untuk mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode moral reasoning, dalam proses pembelajaran metode ini menuntut siswa untuk berpikir kritis dengan memberikan alasan terhadap suatu tindakan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Sabilul Muhtadin. Untuk mengetahui adanya pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Sabilul Muhtadin. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Sabilul Muhtadin. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Sabilul Muhtadin. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui ada pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar kognitif dapat dilihat dari output uji Independent sample t-test didapatkan nilai t_hitung > t_tabel dengan nilai 4,460 > 2,011. Dengan signifikansi 0,00, maka 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a dapat disimpulkan adanya pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar kognitif. Untuk mengetahui ada pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar afektif dapat dilihat dari output uji Independent sample t-test didapatkan signifikansi 0,032 sehinnga 0,032 < 0,05. Juga pada t_hitung nilai yang diperoleh 4.460 sehingga t_hitung (4.460) > t_tabel (2.011), disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga metode moral reasoning berpengaruh terhadap hasil belajar afektif. Untuk mengetahui pengaruh metode moral reasoning terahadap hasil belajar maka dilakukn uji manova, berdasarkan output multivariate menunjukkan nilai signifikansi yang didapatkan yaitu 0,00 nilai ini lebih kecil dari 0,05. Sehingga 0,00 < 0,05, maka hipotesis ujinya H_o diterima H_a artinya ada perbedaan nilai hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153105 ALFIN NURWINDASARI |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 03:40 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
View Item |