PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SISWA SMA TUNA RUNGU DISEKOLAH LUAR BIASA B (SLB B) NGUDI HAYU SRENGAT BLITAR

MUHAMMAD MAHBUB, 17201153313 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SISWA SMA TUNA RUNGU DISEKOLAH LUAR BIASA B (SLB B) NGUDI HAYU SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pembelajaran PAI Siswa SMA Tunarungu di Sekolah Luar Biasa B (SLB B) Ngudi Hayu Srengat Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Mahbub, NIM.17201153313, Pembimbing Nuryani, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Anak Tunarungu Setiap anak termasuk anak tunarungu khususnya di SLB-B Ngudi Hayu Srengat Blitar berhak mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang sama seperti anak normal lainnya. Dengan mengijinkan mereka belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar dapat menambah wawasan mereka dan mengembangkan kecakapan komunikasi dengan orang lain. Selain itu, pendidikan agama juga sangat penting sebagai pondasi keagamaan agar dalam menjalani kehidupan, anak didik termasuk juga anak tunarungu mempunyai benteng yang kuat serta bisa menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlakhqul karimah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMA Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa B (SLB B) Ngudi Hayu Srengat Blitar? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Tunarungu di SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar? 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Tunarungu di SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta hasil setelah pendidikan Agama Islam disampaikan pada anak-anak tunarungu. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SLB-B Ngudi Hayu Srengat Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru PAI SLB-B Ngudi Hayu Srengat Blitar dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam pada anak Tunarungu. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk katagori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk mengujikan keabsahan data dilakukan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan Auditing. Hasil penelitian: (1) Proses pendidikan agama Islam pada anak tunarungu di SLB-B Ngudi Hayu Srengat hampir sama dengan sekolah reguler tapi dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik. (2) Faktor pendukung dalam pendidikan agama Islam di SLB-B Ngudi Hayu Srengat yaitu: dukungan dari orang tua serta kesabaran dan ketelatenan guru dalam mengajar siswa. Sedangkan yang menjadi faktor pengambat adalah: anak yang kadang tidak masuk sekolah karena kesibukan orang tua serta kesulitan xvii komunikasi yang dialami oleh guru PAI dalam menyampaiakan materi karena memang kurangnya kemampuan dalam penggunaan bahasa isyarat. (3) Evaluasi dilakukan dengan cara memonitoring praktek ibadah anak tunarungu, karena melihat bagaimana tingkat keberhasilan dari praktek ibadah anak tunarungu sangat dipengaruhi dengan keadaan dan pembiasaan oleh lingkungan sekitarnya, terutama orang tua dan guru. Maka kerjasama antara keluarga dan sekolah sangat penting dalam mengembangkan kemampuan anak tunarungu dan perilaku beribadahnya

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153313 MUHAMMAD MAHBUB
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:44
Last Modified: 26 Jun 2019 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item