WHENITIYA NOFARIYANI, 17205153042 (2019) PENGARUH MODEL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL BANGUN DATAR PADA KELAS IV MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (408kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti, bahwa dalam fakta di lapangan masih banyak guru yang mengajar matematika masih menggunakan metode konvensional, yakni masih banyak guru yang mengajar tanpa memperhatikan lintasan belajar peserta didik, tanpa merancang model yang tepat untuk peserta didik. Hal ini tidak sesuai dengan model Learning Trajectory,yang mana dalam model ini guru mampu merancang rencana pembelajaran yang mampu menjadikan anak lebih aktif dan bersemangat serta menyesuaikan tingkatan belar anak yakni dari materi yang mudah, sedang, sulit. Oleh karena itu peneliti ingin menguji teori model Learning Trajectory apakah sesuai dengan fakta dilapangan. Rumusan masalah dalam penulisan Skripsi Ini adalah: apakah terdapat perbedaan kemampuan mengerjakan soal bangun datar peserta didik yang diajar dengan model Learning Trajectory dan peserta didik yang tidak diajar dengan Learning Trajectory? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengerjakan soal bangun datar peserta didik yang diajar dengan model Learning Trajectory dan peserta didik yang tidak diajar dengan Learning Trajectory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini untuk meneliti adakah pengaruh suatu model pembelajaran terhadap peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran yaitu berjumlah 108 orang. Dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sample karena sampel diambil dengan pertimbangan tertentu yaitu kelas IV A dan IV C. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes dengan jumlah item 15 soal. Teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 16.0 Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal bangun datardengan nilai signifikansi yakni 0,035 lebih kecil dari 0,05 (0,035 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan mengerjakan soal bangun datar peserta didik kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan menggunakan model Learning Trajectory lebih baik daripada yang tidak diajar dengan menggunakan Learning Trajectory. Dengan adanya perbedaan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal bangun datar ini, model Learning Trajectory berpengaruh terhadap proses pembelajaran matematika. Dengan menggunakan model Learning Trajecotry ini, hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Selain itu, peserta didik menjadi lebih aktiv dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, toleransi terhadap teman yang belum memahami materi, dan saling membantu dalam memahami soal yang diberikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Buku Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | skripsi 17205153042 whenitiya nofariyani |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 03:22 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11740 |
Actions (login required)
View Item |