KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RISKI AMILIYA KRISNA, 17205153319 (2019) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung ” ditulis oleh Riski Amiliya Krisna, NIM 17205153319, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa era pendidikan Sekarang siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, sehingga dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun. Kecerdasan emosional dan motivasi merupakan konsep yang dapat meningkatkan kualitas siswa. Dalam pembelajaran hendaknya guru memberikan motivasi sebagai penggugah semangat untuk belajar, agar siswa mempunyai rasa antusias dengan materi yang akan dipelajari. Kecerdasan emosional dan motivasi akan mampu membuat siswa menghadapi dan mengatasi segala hambatan dalam belajar. Dengan demikian keseimbangan emosi dan motivasi akan memberikan pengaruh pada kualitas belajar dan prestasi belajar siswa akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana korelasi antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di Mi Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana korelasi antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap variabel prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Mi Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Menggunakan purposive sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas Va dan Vb. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional dan motivasi siswa di Mi Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan data prestasi belajar siswa diambil dari nilai ulangan semester gasal. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai thitung (3,591,) > ttabel (2,015) dengan taraf nilai sig. (0,002) < (0,05). Dengan demikian thitung > ttabel yang berarti kecerdasan emosional berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pada rumusan masalah kedua diperoleh thitung (3,719) > ttabel (2,015) dengan taraf nilai sig. (0,007) < (0,05). Sehingga thitung > ttabel yang berarti motivasi berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pada rumusan ketiga diperoleh nilai Fhitung (4.168) > Ftabel (3,226) dengan taraf nilai sig. (0,046) < (0,05). Sehingga thitung > ttabel , dan artinya ada korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153319 RISKI AMILIYA KRISNA
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:22
Last Modified: 09 Jul 2019 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item