NAFIK ROICHATUL JANNAH (2019) PENGARUH METODE SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL)TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG

NAFIK ROICHATUL JANNAH, 17201153255 (2019) NAFIK ROICHATUL JANNAH (2019) PENGARUH METODE SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL)TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Nafik Roichatul Jannah, NIM. 17201153255, Pembimbing Dr. H. Muh, Muntahibun Nafis, M,Ag. Kata Kunci :Metode SAVI, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan bahwa mata pelajaran fiqih itu membosankan yang berdampak negatif terhadap minat siswa untuk mempelajarinya sehingga pembelajaran kurang bermakna. Selain itu terdapat kurangnya variasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi terhadap hasil belajar pada ranah kogitif, ranah afektif dan ranah psikomtorik. Oleh karena itu penggunaan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dianggap mampu memebantu dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada materi salat jamak, salat qashar, salat jamak qashar, salat diatas kendaraan dan salat dalam keadaan sakit. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah; (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar fiqih pada ranah kognitif siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung; (2) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar fiqih pada ranah afektif siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung; (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar fiqih pada ranah psikomotorik siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung; (4) Apakah terdapat pengaruh metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar fiqih pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik secara bersama-sama pada kelas VII MTsN 7 Tulungagung; (5) Bagaimana penerapan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain quasy experimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) sedang variabel terikatnya adalah hasil belajar yang mencakup tiga ranah yakni ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung, sementara sampel penelitian ini adalah kelas VII-B dan VII-C. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Ranah Kognitif Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 6,440 > ttabel = 1,986, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Ada Pengaruh Penerapan Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Ranah Afektif Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 9,423 > ttabel = 1,986, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (3) Ada Pengaruh Penerapan Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Ranah Psikomotorik Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 14,416 > ttabel = 1,986, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (4) Ada Pengaruh Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotrik Secara Bersama-Sama Pada Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji MANOVA diperoleh nilai fhitung = 100,751 > ftabel = 3,95, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (5) Penerapan Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) metode SAVI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201153255 NAFIK ROICHATUL JANNAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:43
Last Modified: 02 Jul 2019 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item