BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MIA 2 MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Rijalush Sholikhin, 17204153140 (2019) BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MIA 2 MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Kemampuan Matematika Kelas X MIA 2 MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Rijalush Sholikhin, NIM. 17204153140, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Menyelesaikan Masalah Matematika, SPLTV, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi dalam menyelesaikan masalah matematika terjadi proses kognitif pada siswa. Proses kognitif yang terjadi adalah berpikir untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sehingga dalam menyelesaikan masalah matematika dibutuhkan proses berpikir tingkat tinggi. Salah satu jenis berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif. Dalam berpikir reflektif menurut Surbeck, Han, dan Moyer terdapat 3 fase yaitu reacting, comparing, dan contemplating. Dengan menggunakan cara berpikir reflektif, siswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Namun dalam berpikir reflektif ini dipengaruhi oleh kemampuan matematika berbeda yang dimiliki tiap siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kemampuan matematika siswa kelas X MIA 2 MAN 3 Blitar. Sehingga dalam penelitian ini dapat memberikan deskripsi singkat mengenai berpikir reflektif siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, rendah, dan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MAN 3 Blitar yang berjumlah 38 siswa kemudian diambil 6 siswa sebagai sumber data dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ada 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Berpikir reflektif siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel mampu memenuhi fase reacting, comparing, dan contemplating dalam berpikir reflektif. 2) Berpikir reflektif siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel mampu memenuhi fase reacting, comparing, dan contemplating. 3) Berpikir reflektif siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel mampu memenuhi fase reacting dan comparing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153140 Rijalush Sholikhin
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:52
Last Modified: 27 Jun 2019 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item