SITI KARIMATUL ISLAMIYAH, 17205153243 (2019) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP KETERAMPILAN IBADAH SHALAT DAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (542kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Fiqih Terhadap Keterampilan Ibadah Shalat dan Akhlak Siswa di MIN 3 Tulungagung”. Ditulis oleh Siti Karimatul Islamiyah, NIM. 17205153243. Pembimbing Dr. Luk Luk Nur Mufida, M.Pd.I. NIP. 197903192003122002. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran Fiqih, Keterampilan Ibadah Shalat, dan Akhlak Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan ibadah shalat dan akhlak siswa karena kurangnya proses pembelajaran yang efektif, yang dapat benar-benar menyadarkan siswa akan pentingnya peningkatan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga masih banyak siswa yang meninggalkan shalat dan belum mencerminkan akhlak berkepribadian baik. Oleh karena itu, perlu dioptimalkan dengan pelaksanaan pembelajaran fiqih yang efektif di sekolah atau Madrasah Ibtidaiyah, agar terbentuknya anak didik yang memiliki karakter watak dan kepribadian dengan landasan iman dan ketaqwaan, serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti yang kokoh yang tercermin dalam keseluruhan sikap dan perilaku sehari-hari. Menyikapi hal tersebut, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran fiqih terhadap keterampilan ibadah shalat dan akhlak siswa di MIN 3 Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran fiqih terhadap keterampilan ibadah shalat siswa di MIN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran fiqih terhadap akhlak siswa di MIN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran fiqih terhadap keterampilan ibadah shalat dan akhlak siswa di MIN 3 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas IV,V,VI MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 178. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Sederhana dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan efektivitas pembelajaran fiqih terhadap keterampilan ibadah shalat siswa MIN 3 Tulungagung. Hasil yang diperoleh dari uji t yaitu t hitung 9,153 > t tabel 2,032. (2) Ada pengaruh yang signifikan efektivitas pembelajaran fiqih terhadap akhlak siswa MIN 3 Tulungagung. Hasil yang diperoleh dari uji t yaitu t hitung 6,313 > t tabel 2,032. (3) Ada pengaruh yang signifikan efektivitas pembelajaran fiqih terhadap keterampilan ibadah shalat dan akhlak siswa MIN 3 Tulungagung. Nilai ke empat P-value (sig) untuk Pilla’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05/5% yaitu 0,009 < 0,05, 0,004 < 0,05, 0,002< 0,05 dan 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa efektvitas pembelajaran fiqih (X) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan ibadah shalat siswa (Y1) dan akhlak siswa (Y2) di MIN 3 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153243 SITI KARIMATUL ISLAMIYAH |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 02:45 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 02:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11796 |
Actions (login required)
View Item |