PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 PULE TRENGGALEK

ARISKA DWI ARVIANTI, 1721143066 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 PULE TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Pule ”. Ditulis oleh Ariska Dwi Arvianti, NIM. 1721143066. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Dr.Ahmad Tanzeh, M. Pd.I . Kata Kunci: Media Foto, Media Gambar, Media Sketsa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya variasi media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam membuat peserta didik lebih cepat jenuh dalam belajar. Keadaan ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penggunaan media berbasis visual berupa foto terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek? (2) Adakah pengaruh penggunaan media berbasis visual berupa gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek? (3) Adakah pengaruh penggunaan media berbasis visual berupa sketsa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis visiual berupa foto terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis visual berupa gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Neger 1 Pule Trenggalek. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis visual berupa sketsa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas VII hingga kelas IX. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A, VII-B, VII-C (kelas eksperimen) dan kelas V-D (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: tes, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data adalah: mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah yaitu dengan menggunakan uji Kalmogorov-Smirnov dan uji Homogenitas of Variances, dan terakhir melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dengan uji T.Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan antara media berbasis visual berupa foto terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (3.597 > 1.646) dan nilai signifikansi t untuk variabel tes adalah sebesar 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05). (2) ada pengaruh yang signifikan antara media berbasis visual berupa gambar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (3.597 > 1.646) untuk variabel tes. Nilai signifikansi t untuk variabel tes adalah sebesar 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05). (3) ada pengaruh yang signifikan antara media berbasis visual berupa sketsa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (3.597 > 1.646) untuk variabel tes . Nilai signifikansi t untuk variable tes adalah sebesar 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143066 ARISKA DWI ARVIANTI
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:39
Last Modified: 10 Jul 2019 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item