ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

DIYAHAYU WULANDARI, 17204153208 (2019) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Materi Lingkaran Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika” ini ditulis oleh Diyahayu Wulandari, NIM. 17204153208 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci: Analisis, Kreativitas, Tingkat Kemampuan Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran yang terjadi, dimana salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan matematika di sekolah adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Rendahnya prestasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Tingkat kreativitas siswa berbeda. Hal ini dikarenakan perbedaan yang terdapat dalam diri siswa. Kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika salah satunya dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS, 2) Untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS, 3) Untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung yang kemudian dipilih 6 siswa sebagai sampel penelitian. 6 siswa yang dipilih adalah 2 siswa dengan nilai tertinggi, 2 siswa dengan nilai sedang, dan 2 siswa dengan nilai terendah. Data penelitian diperoleh dari tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa: 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS pada materi lingkaran memenuhi indikator kreativitas kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan, 2) Siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS pada materi lingkaran memenuhi indikator kreativitas kefasihan dan fleksibilitas, 3) Siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS pada materi lingkaran memenuhi indikator kefasihan. x

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153208 DIYAHAYU WULANDARI
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:16
Last Modified: 03 Jul 2019 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item