AVIF ROSYIDATUL LAILI, 17205153276 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Avif Rosyidatul Laili, NIM. 17205153276. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Hj Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Media Visual, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak orang yang memandang matematika itu bidang studi yang sangat sulit dan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Selain itu peneliti menggunakan media pembelajaran visual agar dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman pelajaran matematika sehingga siswa tidak akan beranggapan matematika itu sulit dipelajari. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Matematika di MIN 4 Tulungagung, 2) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika di MIN 4 Tulungagung, dan 3) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 4 Tulungagung yang berjumlah 41 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas IV A berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data : 1) angket, 2) tes, dan 3) dokumen. Instrumen angket untuk mengukur motivasi dan instrumen tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. 1) Nilai ratarata hasil motivasi siswa kelas kontrol sebesar 78,90, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 82,75. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 4,319 dengan signifikansi 0,044. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 76,90, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 84,75. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,345 dengan signifikansi 0,010. 3) Hasil uji MANOVA yaitu harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Sehingga ada pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di MIN 4 Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153276 AVIF ROSYIDATUL LAILI |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:10 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
View Item |