FITA ARINDA, 17205153029 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL QURAN-HADIS PESERTA DIDIK MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (202kB) |
||
Text
4. Bab I.pdf Download (182kB) |
||
|
Text
5. Bab II.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (349kB) |
||
Text
8. Bab V.pdf Download (128kB) |
||
Text
9. Bab VI.pdf Download (74kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar” ini ditulis oleh Fita Arinda. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibimbing oleh Prof. H. Muwahid Sulhan, M.Ag. Kata Kunci : Strategi guru, Kesulitan Belajar, Al Qur’an Hadis Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya lembaga maupun yayasan yang memperhatikan Al Qur’an sebagai prioritas utama dalam proses pembelajaran. Salah satunya ada di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Dalam rangka menerapkan Al Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, guru benar-benar memperhatikan dan mengutamakan pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an Hadis. Dalam proses pembelajaran anak mengalami beberapa kesulitan belajar. Agar kesulitan belajar dapat teratasi dengan baik, guru melakukan inovasi terutama dalam hal pembelajaran. Guru memberikan strategi yang disesuaikan dengan karakter dan gaya belajar anak. Agar pembelajaran Al Qur’an Hadis dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Strategi yang diterapkan adalah strategi ekspositori dan strategi tahfidzul Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode ceramah, pujian, hukuman, mengeja, tutor sebaya, pembelajaran tipe talking stick, semaan, iadatul Qur’an, dan takrir. Rumusan Penilitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana jenis kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. 2) Bagaimana penyebab kesulitan belajar Al Qur’an Hadis siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. 3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendikripsikan jenis kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. 2) Untuk mendiskripsikan penyebab-penyebab kesulitan belajar Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. 3) Untuk mendiskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi dan review informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Jenis kesulitan belajar Al Qur’an Hadis yang dihadapi siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar pada mata pelajaran Al Qurr’an Hadis adalah kesulitan membaca Al Qur’an, menulis Al Qur’an, memahami Al Qur’an dan menghafal Al Qur’an. Kesulitan yang paling signifikan adalah kesulitan menghafal Al Qur’an. 2) Penyebab kesulitan belajar Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar diantaranya yaitu belum mampu menguasai baca tulis Al Qur’an, kurang menguasai bahasa Arab, kurang menguasai tajwid, kurang terbiasa menulis Al Qur’an, kurang terbiasa tadabur Al Qur’an, terdapat ayat-ayat yang panjang dan ayat-ayat mutasyabihat. 3) Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar yaitu strategi ekspositori dan strategi tahfidzul Qur’an. Strategi ekspositori merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal agar siswa menguasai materi secara optimal. Strategi tahfidzul Qur’an diwujudkan dengan dibentuknya program tahfiz untuk siswa yang ingin menghafal Al Qur’an. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah/ tausiyah, pujian, hukuman, pembelajaran tipe talking stick, semaan, iadatul Qur’an dan takrir.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153029 Fita Arinda |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 06:24 |
Last Modified: | 30 Mar 2020 13:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11877 |
Actions (login required)
View Item |