STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS RENDAH MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SINTA IKA WINDARWATI, 17205153032 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS RENDAH MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas Rendah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini di tulis oleh Sinta Ika Windarawati, NIM. 17205153032, pembimbing Dr. H. Kojin, M.A. Kata kunci : kesulitan belajar Latar belakang penelitian ini di dasari oleh ketidak siapan siswa atau kurangnya kemampuan siswa dalam menerima pelajaran. Serta kurangnya motivasi dari guru dan dari orang-orang terdekat mereka, sehingga siswa merasa kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu strategi yang dilakukan guru yaitu memberikan pelajaran tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar setelah pulang sekolah, serta memberikan latihan-latihan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan. Mengingat begitu pentingnya peranan guru, maka untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal guru berperan dalam keberhasilan siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan memberikan motivasi, memberikan tawaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi faktor intern kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi faktor ekstern kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan faktor intern kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung (2) mendeskripsikan faktor ekstern kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung (3) Mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif lokasi penelitian ini berada di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber : (1) Data primer dan (2) Data sekunder, kemudian untuk teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu : (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisa data dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan temuan. Hasil dari penelitian tersebut ditemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar, setelah pulang sekolah diberikan les bimbingan pelajaran, dan pada saat pembelajaran guru menggunakan media yang menarik perhatian siswa. Hal tersebut dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar agar mudah untuk memahami pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153032 SINTA IKA WINDARWATI
Date Deposited: 03 Jul 2019 06:38
Last Modified: 03 Jul 2019 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item