Masfufah, Febriana Binti (2014) Pembinaan Shalat Berjamaah Di SMPN 3 Kedungwaru. [ Skripsi ]
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB III.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB IV.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi: SMP sebagai sekolah umum dan juga mengingat jam mata pelajaran agamanya sangat sedikit, tapi memberikan pembinaan shalat berjamaah.Sehingga bukanlah alasan bahwa sekolah di SMP pengetahuan agamanya kurang. Karena sangat tidak menutup kemungkinan bahwa output SMP lebih baik dari madrasah, baik dari segi kerohanian maupun keagamaan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana kegiatan pembinaan shalat berjamaah di SMPN 3 Kedungwaru? (2)Apa faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan tersebut? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1)Untuk mengetahui kegiatan pembinaan shalat berjamaah di SMPN 3 Kedungwaru. (2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru mapel lain, dan siswa. Sumber data utama berasal dari kata-kata dan tindakan, sumber pendukung berupa dokumen-dokumen. Metode pengumpulan data dengan cara interview, pengamatan dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan tehnik triangulasi dengan memanfaatkan teknik, sumber data dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pembinaan shalat berjamaah diawali dengan kegiatan Perencanaan, yang meliputi (1)Perumusan tujuan (2) Pemilihan program (3)Identifikasi dan pengerahan sumber. Pengorganisasian, yang didalamnya mencakup aktifitas, alat-alat, pelaksana, tempat pelaksanaan, dan cara/metode yang dipakai. Dan Pengendalian, yang dilakukan dengan cara monitoring dan evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat yang meliputi faktor dari lembaga, guru selain agama, siswa dan orang tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 03:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2014 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |