PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION(STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RAHAYU SEPTI NUR AZIZAH, 17205153050 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION(STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahayu Septi Nur Azizah, 17205153050, Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran KooperatifTipe Student Teams Achievment Division (STAD), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena kondisi pembelajaran di sekolah dimana peserta didik masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu ceramah. Dimana saat guru menyampaikan materi, beberapa peserta didik berbicara atau bermain sendiri. Kondisi ini mengakibatkan pada materi yang diberikan oleh guru tidak tersampaikan secara keseluruhan. Berdasarkan masalah yang terjadi dilapangan, maka peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD), dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap motivasi belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?, (2) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Rejotangan Banjarejo Tulungagung?, (3) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah(1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap motivasi belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division xxvii (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprohability sampling, yaitu sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas III-A dan III-B teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Uji Manova, yang sebelumnya melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil Uji t untuk angket motivasi belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 maka (H0) ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap motivasi belajar fiqih(2) Hasil Uji t untuk post test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 maka (H0) ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih, (3) Hasil Uji Manova untuk angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 maka (H0) ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153050 RAHAYU SEPTI NUR AZIZAH
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:26
Last Modified: 03 Jul 2019 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item