PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT SISWA KELAS IX MELANJUTKAN SEKOLAH DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DEWI PUTRI NUR WINARSIH, 17201153056 (2019) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT SISWA KELAS IX MELANJUTKAN SEKOLAH DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa Kelas IX Melanjutkan Sekolah di SMPN 1 Rejotangan”, ini ditulis oleh Dewi Putri Nur Winarsih, NIM. 17201153056. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag, NIP. 19690918 200003 1 002 Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Sosial, Minat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah teori yang menyatakan bahwa pendidikan terakhir yang ditempuh orang tua dan lingkungan sosial sangat mempengaruhi minat siswa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pengaruh latar belakang pendidikan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap minat siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap minat siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh latar belakang pendidikan Orang Tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Rejotangan yang berjumlah 267 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah propotional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif latar belakang pendidikan orang tua terhadap minat siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan yang ditunjukkan oleh nilai (Fhitung = 15,027 > Ftabel = 3,99) dan nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. (2) Ada pengaruh positif lingkungan sosial terhadap siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan yang ditunjukkan oleh nilai (Fhitung = 54,342 > Ftabel = 3,99) dan nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. (3) Ada pengaruh positif latar belakang pendidikan orang tua dan lingkungan sosial terhadap siswa kelas IX melanjutkan sekolah di SMPN 1 Rejotangan yang ditunjukkan oleh nilai (Fhitung = 31,073 > Ftabel = 3,14) dan nilai Sig. Sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153056 DEWI PUTRI NUR WINARSIH
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:21
Last Modified: 11 Jul 2019 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item