TYAS NURWULAN SUCI, 17201153239 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Tyas Nurwulan Suci, NIM. 17201153239, Pembimbing Dr.Muh.Kharis, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu Penyebab dari rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar. Motivasi belajar penting bagi siswa untuk menunjang keberhasilan dan akan berguna bila siswa selalu diberi motivasi yang cukup. Dengan adanya motivasi yang diberikan maka siswa akan semangat dalam belajar sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa secara maksimal dan begitu sebaliknya jika siswa tidak berminat dan kurang nya motivasi yang diberikan maka hasil yang dicapai tidak maksimal. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (2) Adakah pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (3) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-postfacto. Variabel penelitian: variabel bebas (motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik) dan variabel terikat (prestasi belajar). Sumber data: siswa kelas VII. Sampel: 40 siswa. Sampling: probabilitas dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Analisis data: uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier ganda dengan bantuan SPSS for windows 16.0. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji menghasilkan (2,700 > 1,683). Nilai signifikansi 0,10 < 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji menghasilkan (24, 105 > 1,683). Nilai signifikansi 0,00 < 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (motivasi intrinsik dan ekstrinsik) terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier ganda pada tabel uji f menghasilkan (8,206) > (4,08) dan tingkat signifikansi 0,01 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 7 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153239 TYAS NURWULAN SUCI |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11938 |
Actions (login required)
View Item |