PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

TYAS NURWULAN SUCI, 17201153239 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Tyas Nurwulan Suci, NIM. 17201153239, Pembimbing Dr.Muh.Kharis, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu Penyebab dari rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar. Motivasi belajar penting bagi siswa untuk menunjang keberhasilan dan akan berguna bila siswa selalu diberi motivasi yang cukup. Dengan adanya motivasi yang diberikan maka siswa akan semangat dalam belajar sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa secara maksimal dan begitu sebaliknya jika siswa tidak berminat dan kurang nya motivasi yang diberikan maka hasil yang dicapai tidak maksimal. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (2) Adakah pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (3) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung; (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-postfacto. Variabel penelitian: variabel bebas (motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik) dan variabel terikat (prestasi belajar). Sumber data: siswa kelas VII. Sampel: 40 siswa. Sampling: probabilitas dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Analisis data: uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier ganda dengan bantuan SPSS for windows 16.0. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji menghasilkan (2,700 > 1,683). Nilai signifikansi 0,10 < 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji menghasilkan (24, 105 > 1,683). Nilai signifikansi 0,00 < 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (motivasi intrinsik dan ekstrinsik) terhadap prestasi belajar akidah akhlak di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan uji regresi linier ganda pada tabel uji f menghasilkan (8,206) > (4,08) dan tingkat signifikansi 0,01 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153239 TYAS NURWULAN SUCI
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:05
Last Modified: 08 Jul 2019 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item