WINDA AMBARWATI, 17205153361 (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DALAM MENGEMBANGKAN RYITMIC INTELLIGENCE DAN KINESTHETIC INTELLIGENCE SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (353kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
Bab I.pdf Download (531kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (245kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (287kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (96kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Rhitmic Intelligence dan Kinesthetic Intelligence Siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Winda Ambarwati, NIM. 17205153361. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Nuryani, M.Pd.I. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Tari, Rhitmic Intelligence, Kinesthetic Intelligence. Ekstrakurikuler tari merupakan factor terpenting dalam pengembangan intelligence pada peserta didik. Ekstrakurikuler tari menjadi jembatan untuk pengembangan rhitmic intelligence dan kinesthetic intelligence. Ekstrakurikuler tari merupakan kegiatan tambahan diluar struktur program yang dilaksanakan diluar jam pelajaran biasa dalam bentuk kegiatan yang diekspresikan perasaan manusia yang diubah oleh imajinatif dan diberi bentuk serta ritmis oleh media gerak dari badan kedalam ruang sehingga menjadi gerak simbolis. Dalam hal ini berkaitan bahwa ekstrakurikuler tari tidak hanya mencari kesenangan semata, tetapi juga dapat mengembangkan intelligence siswa, khususnya rhitmic intelligence dan kinesthetic intelligence. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana design Implementasi kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Rhitmic Intelligence dan Khinestetic Intelligence Siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang? (2) Bagaimana proses kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Rhitmic Intelligence dan Khinestetic Intelligence Siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Rhitmic Intelligence dan Khinestetic Intelligence Siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan implementasi kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan rhitmic intelligence dan khinestetic intelligence siswa diantaranya yaitu hari Sabtu waktu pada pukul 15.00 sampai 16.30, langkah-langkah (pembuka, inti, penutup), jenis tari yang diajarkan (tari tradisional yaitu tari Oglek dan tari kreasi yaitu Ya Jamalu), media/alat yang digunakan (sound system, computer, selendang dan kaca mata), sumbernya dari DVD, metode yang digunakan (ceramah dan tanya jawab), teknik yang digunakan (menirukan, bimbinganguru dan mandiri), model (bersifat kelompok dan mandiri), dan evaluasinya bersifat non-tes (wawancara dan observasi). (2) pelaksanaan implementasi kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan rhitmic intelligence dan khinestetic intelligence siswa diantaranya yaitu pengajar ekstra satu orang, hari Sabtu waktu pada pukul 15.00 sampai 16.30, tempat didalam ruang perpustakaan, diikuti oleh 25 siswa. langkah-langkah (pembuka, inti, penutup), jenis tari yang diajarkan (tari tradisional yaitu tari Oglek dan tari kreasi yaitu Ya Jamalu), unsur pokok yang diajarkan (wiraga, wirama dan wirasa), media/alat yang digunakan (sound system, computer, selendang dan kaca mata), sumbernya dari DVD, metode yang digunakan (ceramah dan tanya jawab), teknik yang digunakan (menirukan, bimbingan guru dan mandiri), model (bersifat kelompok dan mandiri), dan evaluasinya bersifat non-tes (wawancara dan observasi). (3) evaluasi implementasi kegiatan ekstrakurikuler tari dalam mengembangkan rhitmic intelligence dan khinestetic intelligence siswa diantaranya yaitu teknik non-tes (observasi/pengamatan dan wawancara dengan peserta didik), dilakukan ketika disela-sela kegiatan ekstrakurikuler tari berlangsung, secara berkesinambungan dan terbuka, gerakan badan, kaki, tangan, pandangan, serta mimic wajah, system (kelompok dan mandiri yaitu satu persatu).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153361 WINDA AMBARWATI |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 06:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11946 |
Actions (login required)
View Item |