AHMAD WAZIR, 17201153365 (2019) STRATEGI GURU AL QUR'AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL QUR'AN PADA SISWA MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER (1).pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (363kB) |
Abstract
ABSTRAK Ahmad Wazir, NIM: 17201153365, Strategi Guru Al Quran Hadist dalam Meningkatkan Motivasi Baca Tulis Al Quran pada siswa di Mts Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, dosen pembimbing: Dr. Sukarsono M.pd. NIP.197105142005011002 Kata Kunci :Strategi, Motivasi, Baca Tulis Al Quran. Rendahnya motivasi dalam belajar Al Quran merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca dan menulis Al Quran. Dengan mudah dijumpai anak-anak remaja muslim yang belum mampu membaca Al Quran. Padahal Al Quran diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan kegiatan sekolah serta kegiatan lainnya. Maka untuk itu, para guru di Mts Imam Al Ghozali mempunyai strategi-strategi dalam mengajar belajar Al Quran sebagai bekal kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam dimasa mendatang. Fokus Penelitian : 1. Bagaimana strategi Guru Al quran Hadist dalam meningkatkan Motivasi Baca Tulis Al quran pada siswa di Mts Imam Al Ghozali Pajerejo? 2. Apa faktor-faktor pendukung yang di hadapi dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Quran di Mts Imam Al Ghozali panjerejo?. 3. Apa faktor-faktor penghambat yang di hadapi dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Quran di Mts Imam Al Ghozali panjerejo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif yang berusaha mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data kemudian menyimpulkan hasil analisi. Pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang kehadiran, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian : Pertama strategi peningkatan motivasi baca tulis Al Quran siswa diantaranya: A. melalui motivasi intrinsik yaitu dengan 1. menumbuhkan minat siswa caranya tidak bosan-bosanya memberitahu siswa untuk mau membaca dan menulis Al-Quran 2. dengan cara memberikan dorongan yang berupa arahan dan nasihat, B. melalui motivasi ekstrinsik 1. memberikan pujian dan hadiah, 2. melakukan kegiatan yang menyenangkan, 3. menciptakan lingkungan menyenangkan. Kedua faktor penghambat: : Kurangnya minat para guru untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran, Kurangnya tenaga pengajar, Semangat siswa yang kurang ketika musim hujan, serta siswa ramai saat belajar Al-Quran.. Ketiga faktor pendukung: Adanya kemauan siswa dalam diri sendiri maka dalam proses pembelajaran akan terlaksana dengan baik dan lancar juga mudah untuk lebih meningkatkan semangat mereka dalam belajar baca tulis Al Quran. Adanya dukungan dari orang tua. Lingkungan yang mendukung sehingga mendapat sedikit bantuan pengajar. Sarana prasarana yang memadai, serta terdapat Musholla yang dapat di gunakan untuk mengasah kemampuan siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153365 Ahmad Wazir |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 04:53 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 04:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11995 |
Actions (login required)
View Item |