Analisis Tingkat Pemahaman dan Kreativitas Menyelesaikan Soal Program Linear Pada Siswa Kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung

Andayani, Nita (2014) Analisis Tingkat Pemahaman dan Kreativitas Menyelesaikan Soal Program Linear Pada Siswa Kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
abstrak new.docx

Download (21kB)
[img] Text
daftar rujukan new.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I new.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II new.docx

Download (156kB)
[img] Text
BAB III new.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV new.docx

Download (4MB)
[img] Text
BAB V new.docx

Download (13kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman, Kreativitas, Program Linear. Penelitian dalam analisis pemahaman dan kreativitas menyelesaikan soal program linear pada siswa kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung dikarenakan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkenaan dengan menentukan nilai optimum dalam program linear karena belum mempunyai pemahaman secara mandiri tentang materi ini, melainkan masih mengandalkan hafalan pada materi tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman dan kreativitas siswa terhadap matematika, peneliti mengadakan tes pemahaman dan kreativitas matematika siswa dengan menggunakan indikator tingkatan pemahaman dan kreativitas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung dalam Menyelesaikan Soal Program Linear, (2) Untuk mendeskripsikan Tingkat Kreativitas Siswa Kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, dan 3) menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pemahaman siswa kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung pada materi program linear pada tingkat tiga siswa mampu menunjukkan metode penyelesaian dan jawaban yang benar. Pada tingkat dua siswa menunjukkan metode penyelesaian kurang tepat, terdapat ketidaktelitian dalam mengerjakan soal. Pada tingkat pertama siswa tidak mampu menunjukkan metode penyelesaian dan jawaban yang benar. Kreativitas siswa kelas XII IPA 5 MAN 2 Tulungagung pada materi program linear pada tingkat 0 tidak mampu menunjukkan cara atau metode penyelesaian. Sehingga tidak memunculkan kebaruan dari hasilnya. Pada tingkat 1 siswa lancar dalam menyelesaikan soal, sehingga siswa dalam kategori fasih. Pada tingkat 2 mampu menunjukkan cara atau metode penyelesaian sehingga siswa fleksibel dalam mengerjakan soal. Pada tingkat 3 siswa mengerjakan soal dengan jawaban yang benar, dan mampu menunjukkan cara atau metode penyelesaian. Komponen kreativitas yang terpenuhi yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Pada tingkat 4 siswa fasih dalam menyelesaikan soal. Siswa mampu menunjukkan cara atau metode penyelesaian yang lain dalam pengerjaan masalah mengenai masalah program linear, sehingga termasuk dalam kategori fleksibel dan bisa memberikan contoh baru sehingga termasuk dalam kategori kebaruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2014 08:50
Last Modified: 26 Sep 2014 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item