STRATEGI GURU KEAGAMAAN DALAM PENCAPAIAN STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAQ KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KEDIRI

IKA PUTRI RUKIAFIANTI, 17201153164 (2019) STRATEGI GURU KEAGAMAAN DALAM PENCAPAIAN STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAQ KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (990kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Keagamaan dalam Pencapaian Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlaq Karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kediri yang ditulis oleh Ika Putri Rukiafianti, NIM: 17201153164 dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci: StrategiGuru Keagamaan, Pencapaian SKUA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kasus di madrasah yang masih jauh dari idealisme, masih banyak pelajar dari kalangan madrasah yang terkena kasus terkait dengan kemerosotan moral. Perilaku pelajar belakangan ini memang sangat memprihatinkan, banyak berita di media masa kasus pelajar di sana sini. Ada kasus kekerasan, pergaulan bebas, dan juga budaya tawuran oleh para pelajar pada masa kini.Maka dari itu, madrasah-madrasah banyak yang mengadakan kegiatan demi menunjang kemampuan beragama siswa dan meningkatkan akhlak siswa. Dan diantara madrasah yang berupaya untuk mengawal kegiatan ubudiyah siswa adalah MTsN 8 Kediri. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengimplementasikan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA). Kegiatan ini merupakan intruksi dari Mentri agama Jawa Timur. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Keagamaan dalam pencapaian standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaq Karimah melalui Hafalan di MTsN 8 Kediri?(2) Bagaimana Strategi Guru Keagamaan dalam pencapaian standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaq Karimah melalui Pembiasaan di MTsN 8 Kediri?(3) Bagaimana Strategi Guru Keagamaan dalam pencapaian standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaq Karimah melalui Keteladanan di MTsN 8 Kediri? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, lokasi penelitiannya di MTsN 8 Kediri. Sumber data didapat melalui tiga unsur yaitu person, place, dan paper. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk pencapaian SKUA peserta didik melalui hafalan dapat berjalan dengan baik, meskipun kurang maksimal. Peserta didik cara menghafal rata-rata menghafal satu persatu terhadap ayat-ayat yang hendak di hafalnya.Dan di akhir hafalan guru memberikan nilai di kertas prestasi (nilai) yang di pegang peserta didik2) Bentuk pencapaian SKUA peserta didik melalui pembiasan adalah guru membiasakan peserta didik untuk berdo’a dan membaca asmaul husna, guru membiasakan peserta didik untuk sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah. (3) Bentuk pencapaian Standar Ubudiyah dan Akhlakul Karimah peserta didik melalui keteladanan, guru di MTsN 8 Kediri berupaya untuk memberikan teladan yaitu dengan datang pagi atau tepat waktu kesekolah, berpakaian rapi dan sopan, mendampingi peserta didik dalam setiap kegiatan keagamaannya agar peserta didik mempunyai akhlak yang baik, kemudian terjalin silaturahmi antara guru dan peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153164 IKA PUTRI RUKIAFIANTI
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:41
Last Modified: 10 Jul 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item