PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI DESI ERNIATIN, 17205153275 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (654kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, ini ditulis oleh Dwi Desi Erniatin, NIM 17205153275 dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd Kata kunci : Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Group Investigation, Minat belajar, dan Hasil Belajar Skripsi yang membahas tentang pengaruh model pembelajaraan tipe group investigation terhadap minat dan hasil belajar, di latar belakangi oleh pandangan mayoritass siswa terhadap pelajaran IPA sebagai pelajaran yang hanya mengedepankan teori dan kurangnya praktik secara langsung. Padahal IPA memiliki peranan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan pelajaran IPA tidak lepas dari persiapan siswa dan guru. Guru harus mampu menumbuhkan minat siswa untuk belajar IPA. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran tipe group investigation. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk mampu merencanakan topic yang akan dipelajari dan melatih keberanian siswa untuk menerangkan hasil diskusi kelompok didepan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA, (3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Group Investigation terhadap minat dan hasil belajar IPA. Dalam penelitian ini rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket dan post tes yang berfungsi untuk mengetahui nilai minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis data untuk uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji manova Hasil penelitian ini adalah, (1) ada pengaruh model pembelajaran tipe group investigation terhadap minat, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,594 (2) ada pengaruh model pembelajaran tipe group investigation terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153275 DWI DESI ERNIATIN
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:54
Last Modified: 10 Jul 2019 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item