PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PURWOASRI

DZIKRI SETYO UTAMI, 17204153146 (2019) PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PURWOASRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Profil Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Purwoasri ini ditulis oleh Dzikri Setyo Utami, NIM. 17204153146, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Metakognisi, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran khususnya matematika adalah aktivitas siswa dalam memecahkan masalah yang masih belum berjalan dengan baik. Ketika siswa mendapatkan soal matematika, siswa cenderung langsung mencari jawabannya tanpa mencoba memahami soal dengan baik, merencanakan bagaimana langkah untuk menyelesaikannya, dan mengecek kembali langkah yang digunakan. Hal ini mengakibatkan siswa kebingungan ketika menjawab soal yang sedikit berbeda. Oleh karena itu penting bagi siswa menerapkan metakognisi agar dapat meningkatkan kesadaran dalam berpikir sehingga mampu mengaitkan konsep-konsep matematika yang akan digunakan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan profil metakognisi pada siswa kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah teorema pythagoras kelas VIII SMPN 1 Purwoasri, 2) untuk mendeskripsikan profil metakognisi pada siswa kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah teorema pythagoras kelas VIII SMPN 1 Purwoasri, 3) untuk mendeskripsikan profil metakognisi pada siswa kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah teorema pythagoras kelas VIII SMPN 1 Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendapatkan data yang lebih mendalam, detail dan rinci tentang metakognisi siswa dalam memecahkan masalah teorema pythagoras ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII F SMPN 1 Purwoasri dengan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Metakognisi siswa berkemampuan matematika tinggi termasuk pada kategori Reflective Use yaitu level ke-4. Komponen yang dipenuhi siswa tersebut adalah perencanaaan, pemonitoran dan pengevaluasian. 2) Metakognisi siswa berkemampun matematika sedang termasuk pada kategori Strategic Use yaitu level ke-3. Komponen yang dipenuhi siswa tersebut adalah perencanaaan dan pemonitoran. 3) Metakognisi siswa berkemampun matematika rendah termasuk pada kategori Aware Use yaitu pada level ke-2. Komponen yang dipenuhi siswa tersebut adalah perencanaaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153146 DZIKRI SETYO UTAMI
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:35
Last Modified: 10 Jul 2019 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item View Item