STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

NILA ASHARI, 17201153033 (2019) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Akhlakul Karimah di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nila Ashari, NIM. 17201153033. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M. Hum. NIP. 1984 04142014 03 1 004 Kata Kunci : Strategi guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang kurang dalam akhlak yang baik, seperti jujur, amanah, dan sopan santun terhadap guru, teman, dan orang lain. MA Darul Huda Wonodadi Blitar merupakan lembaga pendidikan yang mengedepankan akhlak jujur, amanah dan sopan santun peserta didik. Sekolah membuat kegiatan pembiasaan seperti mengaji dipagi hari, sholat berjamaah, membiasakan salaman dan membungkuk ketika bertemu guru, membiasakan mengucapkan salam, jujur saat berbicara, dan mematuhi peraturan sekolah. Akhlak yang baik akan tumbuh karena pembiasaan dan binaan sejak dini. Guru sebagai pendidik berperan besar dalam hal ini. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi dan cara yang tepat agar peserta didiknya terbiasa berakhlak mulia dalam segala hal. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Mendiskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlak jujur di MA Darul Huda Wonodadi Blitar (2) Mendiskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlak sopan santun di MA Darul Huda Wonodadi Blitar (3) Mendiskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlak amanah di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Strategi guru dalam membentuk akhlak jujur antara lain: a) Menjadi pendengar yang baik, jika siswa melakukan kesalahan, guru memaafkan. Dan guru memberi apresiasi atau pujian kepada peserta didik yang berani mengakui kesalahan; b) Guru mencontohkan untuk tidak berkata bohong dan jujur ketika mengerjakan ulangan; c) Melibatkan semua guru dalam membentuk akhlak siswa. (2) Strategi guru dalam membentuk akhlak sopan santun antara lain: a) Melalui pembiasaan, sopan terhadap orang yang lebih tua, salaman ketika bertemu guru, senyum dan sapa ketika bertemu guru atau teman; b) Melalui keteladanan, memberi contoh salaman yang benar kepada guru. (3) Strategi guru dalam membentuk akhlak amanah antara lain: a) Melalui pengawasan pelaksanaan belajar anak, memberi amanah absensi kepada kelas XII untuk mengabsen adik kelasnya; b) Dengan pengintegrasian, melalui kegiatan rutin, kedisiplinan dalam beribadah, menaati dan menegakkan peraturan di sekolah serta tanggung jawab dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153033 NILA ASHARI
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:28
Last Modified: 22 Jul 2019 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item