AL-QUR’AN DIGITAL DALAM SMARTHPHONE DALAM PERSPEKTIF NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) KABUPATEN TULUNGAGUNG.

FADLILATUL QORI'AH, 17102153008 (2019) AL-QUR’AN DIGITAL DALAM SMARTHPHONE DALAM PERSPEKTIF NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fadlilatul Qori’ah, 17102153008, Al-Qur’an Digital dalam Smartphone dalam Perspektif Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tulungagung, Jurusan Hukum Keluarga, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci : Perspektif, Al-Qur’an Digital, Smartphone. Penelitian ini di latar belakangi dari perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, salah satunya yaitu Al-Qur’an digital dalam smartphone. Al Qur’an yang biasanya berbentuk kitab, pada zaman perkembangan tekhnologi ini berupa digital yang terdapat smartphone, Laptop dan PC. Fokus penelitian ini adalah: 1) Apakah harus dalam keadaan suci seseorang saat memegang Al-Qur’an digital dalam smartphone dalam perspektif Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tulungagung, 2) Bagaimana adab dalam penempatan Al-Qur’an digital dalam smartphone dalam perspektif Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah Dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah seseorang harus dalam keadaan suci saat memegang atau menggunakan Al-Qur’an digital dalam smartphone dalam perspektif Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah Dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tulungagung, 2) Untuk mengetahui Bagaimana adab dalam penempatan Al-Qur’an digital dalam smartphone dalam perspektif Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah Dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1 ). Menurut pendapat para ulama dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia berpendapat bahwa smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an gigital tidak dihukumi sebagai mushaf Al-Qur’an. Smartphone tersebut dapat dipegang dan disentuh meskipun tidak dalam keadaan thaharah (suci). Smartphone tersebut juga dapat dibawa kedalam toilet karena aplikasi Al-Qur’an digital didalamnya tidak dihukumi sebagai mushaf. 2). Adapun adab yang harus kita perhatikan ketika menempatkan Al-Qur’an Digital yang terdapat dalam Smartphone jika alpikasi tersebut dalam keadaan menyala, maka kita harus memperlakukannya selayaknya Al-Qur’an, sebagai bentuk kita menghormati dan mengagungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: skripsi 17102153008 Fadlilatul Qori'ah
Date Deposited: 16 Jul 2019 06:52
Last Modified: 30 Mar 2020 12:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item