IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ [Studi Kasus di Mts Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung]

ZIDHA BAROKATUN NI’MAH, 17201153087 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ [Studi Kasus di Mts Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung]. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zidha Barokatun Ni‟mah, NIM. 17201153087, 2019 M, “Implementasi Program Tahfīdz [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Negeri Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata Kunci : Implementasi, Program Tahfidz. Fokus penelitian : 1. Mengapa Program Tahfīdz harus diimplementasikan di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?; 2. Bagaimana implementasi Program Tahfīdz di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini dengan didampingi teori tahfīdz al-Qur‟ān belajar mengindahkan konstruksi “paradigma postpositivistik-interpretif”; belajar mengindahkan pendekatan normativitas dan pendekatan historisitas secara beriringan lagi seirama, kendati perlu mengadop pendekatan penelitian kualititatif; belajar mengindahkan rancangan studi. Kehadiran peneliti : mulai 10 Januari 2019. Sumber data : informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data : Observasi-partisipan, Wawancara mendalam, dan Dokumentasi yang diikuti pembuatan Ringkasan Data. Prosedur Analisis data : Reduksi Data, Penyajian Data (Data Display), Kesimpulan dan Verifikasi. Pengecekan keabsahan data : 1. Perpanjang keikutsertaan; 2. Ketekunan/Keajekan Pengamat dan; 3 Pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian Menunjukkan :1 . Implementasi Program Tahfīdz : a. Terbentuknya program tahfidz disepakati bersama dengan semua pihak sekolah yang melibatkan ketua yayasan, kepala madrasah, guru-guru dan para wali MTs Sultan Agung; b. Program Tahfidz bersifat program unggulan. Program unggulan di MTs Sultan Agung dinamakan program Diniyah; c. Secara organisasional, untuk menjalankan program tahfidz kepala madrasah menunjuk guru koordinator dan guru pendamping; d. Pembelajaran tahfidz di MTs Sultan adalah juz „amma, surat pilihan (Yaasin, waqi‟an, Al-Mulk) dan Doa sehari-hari; e. Sistem pembelajaran program tahfidz dengan menggunakan kategori kelas A merupakan siswa yang latar belakang kemampuan hafalannya bagus, memiliki semangat yang tinggi untuk menghafalkan. kalas B merupakan anak-anak yang hafalannya belum lancar, kelas C merupakan kategori yang mulai belajar untuk menghafal dan kelas D yaitu kategori yang masih belajar membaca Al-Qur‟an;2. Alasan-alasan Program Tahfīdz diimplementasikan : a. Latar belakang program tahfidz adalah kecenderungan minimnya kemampuan peserta didik baru dalam membaca Al Qur‟an, b. Tujuan program tahfidz untuk membentuk kader muda yang Islami, taat kepada bangsa, menjadikan anak-anak yang sholih dan sholihah, c. Manfaat pembelajaran tahfidz ini adalah keikut-sertaan madrasah dalam menyiapkan generasi muda yang Islami sebagai hafīdz-hafīdzah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153087 ZIDHA BAROKATUN NI’MAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:58
Last Modified: 25 Jul 2019 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item View Item