PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI TRENGGALEK

FIKA SIROJUL HAMID, 17201153218 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIKS.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIKS.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB III FIKS.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Bab IV FIKS.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V FIKS.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI FIKS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Fika Sirojul Hamid, 17201153218, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Pada Peserta Didik Di Sekolah menengah kejuruan Budi Utomo Gandusari Trenggalek, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Membina akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada zaman sekarang ini, Kurangnya akhlak pada siswa seperti siswa merokok disekolah, melawan guru, berkata kotor, berduaan dengan lawan jenis di halaman belakang sekolah. Dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan Akhlak di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. Adapun Fokus dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Edukator dalam membina akhlak peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek? 2) Bagaimana peran Guru Agama Islam sebagai motivator dalam membina akhlak peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek? 3)Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Evaluator dalam membina akhlak peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Edukator dalam membina akhlak pada peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. 2) Untuk mengetahui peran Guru pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam membina akhlak pada peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. 3)Untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Evaluator dalam membina akhlak peserta didik di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek . Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Langkah terakhir metode penelitian adalah: pengecekan keabsahan data hasil penelitian. Hasil penelitian atau kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Edukator yaitu Guru memberi penguatan pendidikan agama dalam pelajaran dengan melalui pemberian informasi dan sumber-sumber yang kaitannya dengan akhlak, pemberian tugas-tugas pelajaran yang bertujuan untuk melatih tanggung jawab siswa, memberi pemahaman mengenai pentingnya agama, mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan diluar pembelajaran, membiasakan berinfaq setiap jum’at, melakukan razia hp setiap pembelajaran di kelas, melakukan panggilan orangtua apabila siswa berbuat salah. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator yaitu Guru memberikan pemahaman siswa mengenaihubungan manusia dengan sesama dan hubungan manusia dengan Allah., memberi dorongan dan semangat yang membangun untuk masa depan siswa, memberi kesadaran dan pemahaman terhadap siswa mengenai Pendidikan Agama Islam, bahwa siswa harus mampu menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, tanpa memaksa dan menekan siswa, memberi panutan dan suri tauladan yang baik. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Evaluator yaitu Guru melakukan penilaian melalui sikap dan ketaatan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, guru melihat dari diri siswanya secara langsung dengan cara dilihat cara berbicara, bersikap, berpakaian, dan berkomunikasi kepada teman sejawat dan terhadap gurunya. Serta guru melihat dari pola pikir dan pemahaman siswa terhadap suatu masalah dengan cara melakukan review sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai, dan siswa disuruh untuk mengkritisi dan menanggapinya dan guru PAI melakukan kerjasama dengan guru Bimbingan Konseling dengan membuatkan buku pribadi tentang sikap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153218 FIKA SIROJUL HAMID
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:28
Last Modified: 22 Jul 2019 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item