PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KEC. KAMPAK KAB. TRENGGALEK

NURUL HUDA, 17506164052 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KEC. KAMPAK KAB. TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Se-KecKampak Kab. Trenggalek” ini ditulis oleh Nurul Huda dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus mengembangkan diri sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: 1). Adakah pengaruh kompetensi pedagogic ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 2). Adakah pengaruh kompetensi kepribadian ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 3). Adakah pengaruh kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 4). Adakah pengaruh kompetensi pedagogik ( dan kompetensi kepribadian ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 5). Adakah pengaruh kompetensi pedagogik ( dan kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 6)Adakah pengaruh kompetensi kepribadian ( dan kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 7). Adakah pengaruh kompetensi pedagogic ( ), kompetensi kepribadian ( , dan kompetensi professional ( ) pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 2). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 3). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 4). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik ( dan kompetensi kepribadian ( guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 5). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik ( dan kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 6). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian ( dan kompetensi professional ( ) guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 7). Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic ( ), kompetensi kepribadian ( , dan kompetensi professional ( ) pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : 1). Tingkat kompetensi pedagogic Guru PAI di SMP Se-Kec-Kampak tergolong tinggi dengan presentase 39%, tingkat kompetensi kepribadian guru PAI di SMP SeKec. Kampak tergolong sangat tinggi dengan presentase 41% dan tingkat kompetensi profesional guru PAI di SMP Se-Kec. Kampak tergolong sedang dengan presentase 34%. Serta tingkat prestasi belajar siswa di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek tergolong sedang dengan presentase 36%. 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogic guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek sebesar 20%. 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek sebesar 22%. 4). Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMP Se-Kec. Kampak Kab. Trenggalek. 5). Terdapat pengaruh yang positif dan simultan antara Kompetensi pedagogic dan kepribadian terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Se-Kec-Kampak sebesar 31%. 6). Terdapat pengaruh yang positif dan simultan antara Kompetensi pedagogic dan profesional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Se-KecKampak sebesar 29%. 7). Tidak ada pengaruh yang positif dan simultan antara Kompetensi kepribadian dan profesional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Se-Kec-Kampak. 8). Terdapat pengaruh yang positif dan simultan antara Kompetensi pedagogic, kepribadian dan profesional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Se-Kec-Kampak sebesar 31%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164052 NURUL HUDA
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:40
Last Modified: 18 Jul 2019 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item