ELSA WIGUNA BEKTI, 17204153160 (2019) ANALISIS KREATIVITAS GURU KELAS VII DALAM MENGKONSTRUKSI SOAL MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR MEMFAKTORKAN DAN MENYEDERHANAKAN ALJABAR DI SMP NEGERI 2 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (236kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas Guru Kelas VII dalam Mengkonstruksi Soal Matematika Pada Materi Aljabar Pemfaktoran dan Menyederhanakan Aljabar di SMPN 2 Kras Kediri” ini ditulis oleh Elsa Wiguna Bekti, NIM. 17204153160, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kreativitas, Guru, Mengkonstruksi Soal, Aljabar Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut memiliki berbagai keterampilan atau kreativitas belajar, strategi belajar mengajar yang tepat, dan kemampuan melaksanakan evaluasi yang baik. Dengan wawasan yang luas diharapkan guru mempunyai kemampuan dan kreativitas dalam menjalankan kegiatan mengajar sebagai penyalur ilmu pengetahuan kepada peserta didik sebagai penerima dan pengembang ilmu yang telah diberikan oleh guru selama kegiatan pengajaran berlangsung di dalam kelas. Salah satu kegiatan mengajar yang dapat dilakukan oleh guru dalam mewujudkan kemampuan dan kreativitasnya adalah melalui pengajuan masalah atau pengkonstruksian soal. Materi yang dipilih dalam penelitian ini adalah aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru kelas VII dalam mengkonstruksi soal pada materi aljabar pemfaktoran dan menyederhanakan aljabar di SMP Negeri 2 Kras Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes diberikan pada guru matematika kelas VIII sebanyak 5 subjek. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru kelas VIII dalam mengkonstruksi soal matematika materi aljabar adalah sebagai berikut kemampuan siswa mengkontruksi soal matematika materi aljabar dikatakan bahwa subjek pada tingkat 4 (sangat kreatif) mampu menyelesaikan suatu masalah dengan lebih dari suatu alternatif jawaban maupun cara penyelesaian, meskipun tidak dituliskan dalam kisi-kisi materi Aljabar yang telah dibuat, serta mampu membuat masalah yang berbeda-beda (baru) dengan lancar (fasih) dan fleksibel. Selanjutnya, subjek pada tingkat 2 mampu membuat satu jawaban atau membuat masalah yang berbeda dari kebiasaan umum (“baru”) meskipun tidak dengan fleksibel ataupun fasih. Hal ini terjadi karena subjek masih melewati beberapa tahapan di dalam aspek kreativitas dalam komponen kefasihan dan fleksibilitas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153160 ELSA WIGUNA BEKTI |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 06:45 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12231 |
Actions (login required)
View Item |