ADNAN RIFA’I, 1756154004 (2019) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS BERBASIS MEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus Di MTs Muhammadiyah Watulimo & MTs Al Burhan Watulimo Kab. Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “ Pembelajaran Al Qur’an Hadits Berbasis Media Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTs Muhammadiyah Watulimo & MTs Al Burhan Watulimo Kab. Trenggalek)” ini ditulis oleh Adnan Rifa’i dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Dr. H, Prim Masrokan M. M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Al Qur’an Hadits Berbasis Media, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang saat ini, khususnya perkembangannya pada lembaga sekolah tersebut, selain itu juga penggunaan media audio visual yang baru saja diterapkan dalam berbagai proses belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu untuk menumbuhkan suatu Motivasi Belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist dengan menerapkan media sebagai penunjangnya yaitu yang berbasis Media. Penelitian ini dilaksanakan pada dua Lembaga yaitu di MTs Muhammadiyah Watulimo dan MTs Al Burhan Watulimo. Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah pembelajaran yang berbasis Media dan Pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimana Desain Pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi belajar?. (2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa?. (3) Bagaimana Eavaluasi Pembelajaran Al Qur’an Hadits Berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Bagaimana Desain Pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi belajar. (2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa. (3) Bagaimana Eavaluasi Pembelajaran Al Qur’an Hadits Berbasis Media dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan Metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Untuk menumbuhkan Motivasi belajar siswa mengenai mata pelajaran Al Qur’an Hadist dengan pembelajaran Media disusun dengan berbagai tahap pembelajaran yang berhubungan dengan penjelasan gambar dan suara. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, (1) Pada sekolah MTs Muhammadiyah tahap penanaman konsep siswa diberi materi yang yang akan diajarkan dengan tampilan gambar diam dan bergerak yang disertai dengan Suara, dalam hal ini guru menjelaskan materi dengan gambar unik dan mengena dengan materi untuk sebagai cara motivasinya, dan pada tahap penguatan konsep siswa diberi dengan tugas yang juga ditampilkan xix dengan media tersebut. (2) Pada Sekolah MTs Al Burhan Penyampaian Guru dengan basis media adalah dengan menggunakan beberapa Media anata lain semisal Audio Visual Projektor dan sejejnisnya. setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwasannya dari Mayoritas siswa dapat ditaksir Sembilan puluh siswa senang dengan penerapan Media tersebut, dan sekitar delapan puluh persen termotivasi untuk giat belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist setelah diadakan test ulang
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756154004 ADNAN RIFA’I |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 01:43 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12233 |
Actions (login required)
View Item |