PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA DI MI NURUL ULUM KENDALREJO DURENAN TRENGGALEK

LINGGA EKA FITRIANI, 17205153092 (2019) PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA DI MI NURUL ULUM KENDALREJO DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Abstrak skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa Melalui Penerapan Strategi Formeaning Response di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Lingga Eka Fitriani dibimbing oleh Dr. M. Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Apresiasi Puisi dan Formeaning Response Rendahnya tingkat kemampuan apresiasi puisi siswa melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian ini. Salah satu penyebabnya yaitu pengetahuan guru yang masih kurang tentang strategi pembelajaran sastra. Meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa dapat ditingkatkan misalnya melalui menulis puisi bebas, memaknai puisi, mengungkapkan kembali maknapuisi yang telah dibaca dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) bagaimana perencanaan pengajaran apresiasi puisi melalui penerapan strategi Formeaning Response di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek; (2) bagaimana pelaksanaan pengajaran apresiasi puisi melalui penerapan strategi Formeaning Response MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek; (3) apa saja hambatan dan pendukung yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan apresiasi puisi siswa melalui penerapan strategi Formeaning Response di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdapat tiga cara, yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Untuk meningkatkan keabsahan data dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran apresiasi puisi melalui penerapan strategi formeaning response diawali dengan rapat dewan guru dan diskusi-diskusi untuk mengembangkan RPP dan silabus; 2) pelaksanaan pembelajaran apresiasi melalui penerapan strategi formeaning response sudah terlaksana dengan baik dan sesuai proses yaitu, eksplorasi; elaborasi, dan konfirmasi dengan delapan tahapan kegiatan yang terbagi dalam pendahuluan, inti, dan penutup; 3) hambatan yang timbul dalam pembelajaran apresiasi puisi melalui penerapan strategi formeaning response antara lain: a) terbatasnya media yang digunakan oleh guru, b) rendahnya minat belajar siswa, c) minimnya waktu pembelajaran yang diberikan, d) belum ada buku bacaan tentang puisi di madrasah. Dan untuk pendukung dari hambatan tersebut antara lain: a) menulis puisi dan langkah-langkah dalam pembelajaran puisi dan memberikan warna yang berbeda pada setiap langkah atau syair pada puisi; b) memberikan motivasi dan pemahaman kepada siswa agar siswa mempunyai rasa percaya diri saat akan membaca puisi di depan kelas, serta memberi reward bagi siswa yang mau maju kedepan untuk membaca puisi; c) sering menggunakan waktu pembiasaan diri setiap hari Sabtu untuk memberikan penilaian apresiasi puisi, serta menyuruh siswa membaca buku-buku pembelajaran puisi di luar jam pembelajaran; dan d) memberi tugas kepada siswa untuk mencari puisi-puisi yang ada dalam majalah Bobo atau buku sumber lain yang ada puisinya, serta membelikan buku yang ada bacaan puisinya agar dibaca bergantian oleh siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153092 LINGGA EKA FITRIANI
Date Deposited: 19 Jul 2019 03:07
Last Modified: 19 Jul 2019 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12238

Actions (login required)

View Item View Item