WYLDINA IFADA, 17205153079 (2019) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (502kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (272kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi dalam Membaca daan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Wyldina Ifada, NIM 17205153079, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Metode Ummi, Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak anak-anak yang tidak peduli dan menyepelekan bahkan tidak tertarik terhadap pendidikan Al-Qur’annya. Akibatnya, banyak kerusakan iman karena umat jauh dari pedoman hidup yaitu Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti ingin menggali mengenai penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung dalam upaya mengatasi dan mengantisipasi hilangnya minat anak untuk belajar Al-Qur’anul karim yang merupakan pedoman hidup umat Islam, Serta membentuk generasi Qur’ani. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahap persiapan penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung ? (2) Bagaimana Proses penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan pembelajaran metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung?. Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Tulungagung. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru pembelajaran Al-Qur’an dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala madrasah, kurikulum, guru dan siswa. Data sekunder yaitu buku prestasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menjaga bacaan dan hafalan Al-Qur’an siswa melalui penerapan metode ummi. Penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung dapat dilihat dari (1) tahap persiapan penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan melalui musyawarah, survey, sosialisasi dan mempersiapkan tenaga pendidik. (2) proses penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan pokok bahasan metode ummi dan strategi, metode langsung, repeatation (mengulang-ulang) dan kasih sayang yang tulus seperti kasih sayang seorang ibu. (3) penerapan pembelajaran metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan menggunakan metode penyampaian, tahap-tahap penyampaian, dan evaluasi melalui kegiatan Pra munaqasyah yang dilkukan 2 kali. Munaqasyah, imtihan dan daftar konversi penilaian metode ummi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153079 WYLDINA IFADA |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 06:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12295 |
Actions (login required)
View Item |