PENERAPAN METODE UMMI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

WYLDINA IFADA, 17205153079 (2019) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi dalam Membaca daan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Wyldina Ifada, NIM 17205153079, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Metode Ummi, Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak anak-anak yang tidak peduli dan menyepelekan bahkan tidak tertarik terhadap pendidikan Al-Qur’annya. Akibatnya, banyak kerusakan iman karena umat jauh dari pedoman hidup yaitu Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti ingin menggali mengenai penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung dalam upaya mengatasi dan mengantisipasi hilangnya minat anak untuk belajar Al-Qur’anul karim yang merupakan pedoman hidup umat Islam, Serta membentuk generasi Qur’ani. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahap persiapan penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung ? (2) Bagaimana Proses penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan pembelajaran metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung?. Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Tulungagung. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru pembelajaran Al-Qur’an dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala madrasah, kurikulum, guru dan siswa. Data sekunder yaitu buku prestasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menjaga bacaan dan hafalan Al-Qur’an siswa melalui penerapan metode ummi. Penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa di MIN 4 Tulungagung dapat dilihat dari (1) tahap persiapan penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan melalui musyawarah, survey, sosialisasi dan mempersiapkan tenaga pendidik. (2) proses penerapan metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan pokok bahasan metode ummi dan strategi, metode langsung, repeatation (mengulang-ulang) dan kasih sayang yang tulus seperti kasih sayang seorang ibu. (3) penerapan pembelajaran metode ummi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan menggunakan metode penyampaian, tahap-tahap penyampaian, dan evaluasi melalui kegiatan Pra munaqasyah yang dilkukan 2 kali. Munaqasyah, imtihan dan daftar konversi penilaian metode ummi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153079 WYLDINA IFADA
Date Deposited: 23 Jul 2019 06:45
Last Modified: 23 Jul 2019 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item