INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar)

Umi Nahdiyah, 12506174066 (2019) INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa” (Studi Multi Kasus di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar)” ini disusun oleh Umi Nahdiyah dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.A. Kata Kunci : Integrasi, Kurikulum Pondok Pesantren dan Sekolah, Prestasi Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai konsep, implementasi, dan hasil integrasi kurikulum pondok pesantren dan sekolah di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Fokus penelitian tesis ini adalah 1) Bagaimana konsep integrasi kurikulum pondok pesantren dan sekolah dalam membentuk prestasi siswa di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 2) Bagaimana implementasi integrasi kurikulum pondok pesantren dan sekolah dalam membentuk prestasi siswa di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 3) Bagaimana hasil integrasi kurikulum pondok pesantren dan sekolah dalam membentuk prestasi siswa di SMP Mambaus Sholihin dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pada konsep integrasi kurikulum ini, terdapat tahap perecanaan. Guru melakukan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai dengan standar K-13 (Kurikulum 2013), kemudian dikembangkan oleh guru menjadi RPP pelaksanaan harian sebagai dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan pembelajaran di pondok pesantren. Pamong pondok pesantren tidak menyusun RPP, karena materi pembelajaran di pondok pesantren sama dengan materi pembelajaran di madrasah, sehingga pamong pondok pesantren hanya menjabarkan secara kreatif. (2) Pada implementasi pembelajaran, guru menyusun skenario pembelajaran yang mencakup pembukaan, inti serta penutup pelajaran. 3) Hasil integrasi kurikulum melalui tahapan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran tidak hanya dilakukan guru tetapi juga kepala sekolah ikut berperan serta dalam kegiatan evaluasi. Tugas evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dibagi menjadi 3, yaitu evaluasi kognitif, evaluasi afektif dan evaluasi psikomotorik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174066 Umi Nahdiyah
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:51
Last Modified: 22 Jul 2019 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12298

Actions (login required)

View Item View Item