PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM KEGIATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

ILMA ARSYANTI SHOLEHAH, 17205153065 (2019) PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM KEGIATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Muroja’ah dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung” ditulis oleh Ilma Arsyanti Sholehah, NIM 17205153065, Pembimbing Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Muroja’ah, Hafalan Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lembaga ataupun sekolah yang mengadakan program hafalan Al-Qur’an, termasuk SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Kegiatan hafalan Al-Qur’an ini menjadi program wajib para siswa, sehingga hafalan Al-Qur’an ini waktunya dimasukkan ke dalam jadwal pelajaran setiap harinya. Dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung menggunakan metode muroja’ah supaya hafalan siswa tetap terjaga dengan baik dan supaya hafalan lebih lancar lagi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan AL-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulunggagung? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hasil penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulunggagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari person (manusia), place (tempat), dan paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawamcara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk penegecakan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu kelas kecil dan kelas besar. Satu kelas diajar oleh satu guru tahfidz dalam waktu 1 jam. (2) Penerapan metode muroja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu : Muroja’ah juz 30 atau juz amma, muroja’ah bersama atau klasikal, setoran muroja’ah, muroja’ah kelompok kecil, muroja’ah di rumah. (3) Hasil penerapan metode muroja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu hafalan Al-Qur’an siswa menjadi baik dan lancar. Ketika setoran menambah ayat, hafalan siswa lebih lancar dan lebih baik. Karena semakin banyak mereka muroja’ah maka hafalan mereka akan semakin bagus dan lancar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153065 ILMA ARSYANTI SHOLEHAH
Date Deposited: 23 Jul 2019 06:45
Last Modified: 23 Jul 2019 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item