ILMA ARSYANTI SHOLEHAH, 17205153065 (2019) PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM KEGIATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (388kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (578kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (947kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Muroja’ah dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung” ditulis oleh Ilma Arsyanti Sholehah, NIM 17205153065, Pembimbing Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Muroja’ah, Hafalan Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lembaga ataupun sekolah yang mengadakan program hafalan Al-Qur’an, termasuk SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Kegiatan hafalan Al-Qur’an ini menjadi program wajib para siswa, sehingga hafalan Al-Qur’an ini waktunya dimasukkan ke dalam jadwal pelajaran setiap harinya. Dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung menggunakan metode muroja’ah supaya hafalan siswa tetap terjaga dengan baik dan supaya hafalan lebih lancar lagi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan AL-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulunggagung? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hasil penerapan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Quran di SD Islam Al-Azhaar Tulunggagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari person (manusia), place (tempat), dan paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawamcara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk penegecakan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu kelas kecil dan kelas besar. Satu kelas diajar oleh satu guru tahfidz dalam waktu 1 jam. (2) Penerapan metode muroja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu : Muroja’ah juz 30 atau juz amma, muroja’ah bersama atau klasikal, setoran muroja’ah, muroja’ah kelompok kecil, muroja’ah di rumah. (3) Hasil penerapan metode muroja’ah dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu hafalan Al-Qur’an siswa menjadi baik dan lancar. Ketika setoran menambah ayat, hafalan siswa lebih lancar dan lebih baik. Karena semakin banyak mereka muroja’ah maka hafalan mereka akan semakin bagus dan lancar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153065 ILMA ARSYANTI SHOLEHAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 06:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12301 |
Actions (login required)
View Item |