STRATEGI GURU FIKIH DALAM MEMBIASAKAN PENGAMALAN SHALAT DHUHA DI MTS IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG 2018/2019

DANANG ADHITIYA PRATAMA, 17201153368 (2019) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MEMBIASAKAN PENGAMALAN SHALAT DHUHA DI MTS IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru fikih dalam membiasakan sholat dhuha berjama’ah di Mts Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Danang Adhitiya Pratama, NIM 17201153368, pembimbing Dr. Sukarsono, M.Pd.I Kata kunci : Strategi, Sholat dhuha Penelitian ini dilatar belakangi oleh peralihan fase usia siswa yaang indentik dengan emosi yang masih labil, karena mereka berada pada masa peralihan dari anak menjadi remaja, yang batas usianya dari 12-19 tahun. Pada masa peralihan ini membawa banyak kesulitan dalam penyesuaian dengan lingkungannya. Untuk memberikan kebiasaan positif dan untuk mempengaruhi emosional siswa, melakukan sholat dhuha ini menjadi sebagai penawar tekanan otak mereka setelah mengikuti pembelajaran dikelas. Sehingga pikiran merasa jernih dan rileks kembali. Melaksanakan sholat dhuha merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah.Dengan demikian peneliti ingin mengetahui tentang bagaimana strategi guru fikih dalam membiasakan sholat dhuha berjama’ah di Mts Panjerejo Tulungagung, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, dengan memberikan absen, hukuman yang mendidik dimana dengan metode tersebut siswa menjadi lebih disiplin dalam menjalankan sholat dhuha tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)bagaimana strategi guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha berjama’ah di Mts Imam Al-Ghozali Panjerejo tulungagung? (2)bagaimana dampak strategi guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha di Mts Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung? (3)bagaimana hambatan guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha berjama’ah di Mts Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha, untuk mendeskripsikan dampak strategi guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha, untuk mendeskripsikan hambatan guru fikih dalam meningkatkan sholat dhuha berjama’ah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat secara langsung dilapangan dan disertai pencatatan pencatatan terhadap perilaku atau keadaan objek sasaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh keterangan secara langsung untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab dengan tatap muka antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai. Dokumentasi digunakan untuk sarana pendukung dari pelaksaan kegiatan penelitian dan sebagai alat untuk memperoleh data tentang keadaan profil sekolah, sarana dan prasarana, dan data guru. dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dengan memberikan motivasi belajar mendorong siswa untuk memberikan dorongan rasa ingin tahu dan hasrat untuk belajar. Memberikan ceramah atau khultum di kelas atau mushola bertujuan agar guru dan siswa dapat berkomunikasi dengan baik . secara otomatis siswa akan mendengarkan dan memperhatikan guru ketika menyampaikkan materi, sehingga siswa dalam ranah afektif dapat tercapai. Dengan mengondisikan kelas padawaktu sholat dhuha berjama’ah sehingga siswa tidak ada yang membolos untuk melakukan sholat dhuha berjama’ah. Hambatan dalam pelaksanaan sholat dhuha adalah terbatasnya waktu dan kurangnya kesadaran peserta didik tentang pentingnya sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153368 DANANG ADHITIYA PRATAMA
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:15
Last Modified: 24 Jul 2019 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item