PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MI DARUL HIKMAH PIKATAN WONODADI BLITAR

FITRIANA ROHMAWATI, 17205153200 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MI DARUL HIKMAH PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(1).pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Fitriana Rohmawati, NIM. 17205153200, pembimbing Dr.Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak Selama ini guru belum banyak menggunakan model pembelajaran yang beragam. Guru cenderung memilih menggunakan model pembelajaran konvensional atau pembelajaran langsung sehingga guru lah yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini sebenarnya bisa digunakan dalam beberapa mata pelajaran tetapi siswa akan cenderung kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mata pelajran matematika adalah model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran ini mengutamakan pembelajaran yang berlangsung secara berkelompok. Melelui pembelajaran secara berkelompok, siswa diharapkan mampu lebih senang mengikuti kegiatan pembelajaran. Pembelajaran secara berkelompok ini juga diharapkan mampu memberi kesempatan bagi peserta didik dalam bertukar informasi dengan kelompoknya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar ? (2) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat dan hasil belajar matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar? adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar Matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar (2) Untuk menjelaskan pengaruh model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar (3) Untuk menjelaskan pengaruh model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat dan hasil belajar Matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar Skripsi ini bermanfaat bagi Bagi Sekolah MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar sebagai masukan dan evaluasi untuk menentukan kebijakan dalam membantu meningkatkan pemahaman konsep-konsep dalam pembelajaran matematika. Bagi Guru MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar Penelitian ini diharapkan mampu digunakan sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STAD Bagi Peneliti Suatu tantangan untuk terus mengembangkan diri dan menambah wawasan serta pemahaman dari obyek yang diteliti dan sebagai bahan referensi kegiatan akademis yang terkait dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar matematika siswa MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar yang digunakan sebagai sampel penelitian. metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran siswa dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji analisis Manova (Multivariate Analysis Variance), dapat diketahui: 1) Nilai Sign. 0.870>0.05 maka diterima. Sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tidak Ada Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar” . 2) Nilai sig. Yang menunjukkan 0.003<0.05 maka diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar”. 3) Nilai Sign. 0.012<0.05 . artinya Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semua signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, “ada pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap Minat belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar”

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153200 Fitriana Rohmawati
Date Deposited: 23 Jul 2019 06:55
Last Modified: 23 Jul 2019 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item